Lihat ke Halaman Asli

Pembukaan PMM TK ABA 32 Kota Malang dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak-anak

Diperbarui: 28 Januari 2023   19:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Masa kanak-kanak awal adalah masa yang sangat penting untuk pengembangan aspek fisik, motorik, kognitif, moral, sosial-emosi, bahasa. Pentingnya hal ini membuat anak anak harus sering diberikan stimulasi agar mereka mengenal dan dapat mengembangkan beragam aspek-aspek tersebut.  

Mengetahui masalah tersebut, lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam Program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktimu Negeri Kelompok 77 Gelombang 12 dengan anggota Shafira Aida Meilia, Aldan Abdul Haris, Bernaldo Nur Hakim, Dini Meilailia Sachradiani, M. Irhamussabil Sukman yang didampingi oleh Nandy Agustin Syakarofath, S.Psi., M.A.membentuk kegiatan pengabdian masyarakat di TK ABA 32 Kota Malang untuk meningkatkan kemampuan motorik halus dan motorik kasar anak menggunakan permainan tradisional.

Para mahasiswa dari UMM ini menggunakan alat permaianan tradisional untuk meningkatkan kemampuan motorik anak anak. Permainan tradisional dipilih karena dianggap mampu untuk memicu kemampuan motorik baik motorik kasar maupun halus untuk semakin dikembangkan oleh anak anak. Permainan tradisional yang akan diusung adalah (1) lompat tali, (2) estafet bola, sebagai alat permainan yang menunjang perkembangan motorik kasar pada anak usia dini, (3) paper quiling, (4) origami, sebagai sarana untuk menunjang perkembangan motorik halus pada anak usia dini.

Pembukaan PMM TK ABA 32 Kota Malang oleh PMM Kelompok 77 Gelombang 12 ini dilaksanakan pada Selasa, 24 Januari 2022. Pembukaan dimeriahkan dengan pembukaan banner PMM TK ABA 32 sebagai bentuk simbolis membuka awalan baru dengan kegiatan yang positif. Kegiatan ini dilaksanakan di TK ABA 32 di Jl. Gadang XI-C No. 57, Kel. Gadang, Kec. Sukun, Kota Malang. Rangkaian acara dilaksanakan dengan keceriaan siswa dan semangat guru untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan oleh tim PMM Bhaktimu Negeri Kelompok 77 Gelombang 12.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline