Lihat ke Halaman Asli

Hilangkan Mental Block dalam Proses Penyembuhan Fobia

Diperbarui: 16 Juni 2023   09:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by MART  PRODUCTION dari Pexels.com

Apakah Anda pernah merasakan betapa "sulitnya" membebaskan diri dari fobia yang telah menghantui hidup Anda selama bertahun-tahun? 

Percayalah, kunci pertama dalam perjalanan penyembuhan adalah mempercayai bahwa Anda benar-benar dapat sembuh dengan cepat. Jangan biarkan pikiran-pikiran negatif meracuni benak Anda dengan asumsi-asumsi yang menyesatkan. Jangan biarkan pikiran-pikiran seperti, "Fobia saya tidak akan pernah sembuh," atau "Fobia ini akan berlangsung selamanya," merasuki pikiran Anda. Ini adalah apa yang disebut "mental block".

Mungkin ada yang berpendapat bahwa "mental block" hanyalah istilah omong kosong. Namun, bagi saya, itu adalah istilah yang penting untuk memahami batasan pikiran kita sendiri. Setiap pikiran kita memiliki keyakinan yang terbentuk sejak kita masih kecil, saat kita mulai mengenal dunia ini. Memahami stimulus dari lingkungan, kata-kata orang-orang di sekitar kita, semuanya berkontribusi pada pemahaman kita tentang siapa kita sebenarnya.

Dalam perjalanan mengenal diri sendiri, kita membentuk keyakinan-keyakinan yang akhirnya terkikis seiring dengan bertambahnya pengetahuan kita. Inilah peran penting dari proses pembelajaran. Semakin banyak kita belajar, semakin banyak kesalahan yang kita perbaiki dalam keyakinan kita yang telah tertanam sebelumnya.

Sekarang, bayangkanlah bahwa Anda adalah seseorang yang menderita fobia parah dan sangat berharap untuk sembuh. Di sinilah kita harus berhenti sejenak dan merenung.

"Anda sangat ingin sembuh..."

Dalam keadaan mental "sangat ingin sembuh," Anda telah memiliki modal yang kuat untuk mencapai kesembuhan. 

Namun, ada satu "mental block" yang menghalangi keinginan Anda. Keyakinan yang membatasi Anda. Semakin buruk keyakinan itu, semakin sulit bagi Anda untuk sembuh. Keyakinan itu berupa, "pasti butuh waktu lama untuk sembuh dari fobia ini."

Tapi sebaliknya, semakin besar keyakinan Anda bahwa "saya bisa sembuh dengan cepat," semakin cepat kesembuhan itu akan datang.

"Namun, masalahnya..."

Anda sering meragukan keyakinan Anda. Anda tidak memiliki prinsip yang jelas. Anda merasa bimbang, tanpa tekad yang bulat untuk sembuh. Anda menghancurkan keyakinan Anda sendiri.

Saya ingin memberikan beberapa saran...

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline