Lihat ke Halaman Asli

Memaknai Film, Mengubah Hidup

Diperbarui: 11 Juni 2023   15:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by RDNE Stock project from Pexels.com

Menonton film favorit seperti La Casa De Papel dapat memancing inspirasi, begitu juga dengan film yang memiliki plot twist membingungkan seperti Shutter Island.

Selain mendapatkan inspirasi, kita juga belajar mendengarkan berbagai bahasa. Dahulu, sebelum Money Heist populer, Bahasa Spanyol terdengar aneh di telinga. Namun, keadaannya berbalik ketika saya menonton Money Heist dengan dubbing Bahasa Inggris. Efeknya terasa aneh dan vibes dari Money Heist berkurang. Rasanya seperti menonton film Hollywood. 

Ketika saya kembali menonton dalam Bahasa Spanyol, rasanya lebih nyaman dan vibes asli La Casa De Papel terasa.

Terkadang tidak perlu menonton film dengan durasi yang panjang. Di YouTube, banyak film pendek yang memiliki cerita yang kuat dan pemeranan yang mumpuni. Itu pun dapat menjadi inspirasi tersendiri.

Kuncinya bukanlah apa yang dilihat, ditonton, dan diperhatikan, tetapi seberapa banyak kamu menikmati, meresapi, dan memaknai apa yang kita lihat, tonton, dan perhatikan.

Makna adalah yang membuat segala hal memiliki arti. Seberapa film itu dapat mengubah moodmu menjadi lebih baik dan pandanganmu terhadap banyak hal menjadi lebih baik. 

Secara tidak langsung, hal tersebut secara perlahan mengubah gaya berpikirmu, membantumu menghindari kebiasaan buruk yang selama ini kamu lakukan, dan merangsang pemikiran kreatif.

Jika kita membicarakan film lokal, ada film Turah dan KTP yang penuh makna.

Film bukan hanya sekadar hiburan 

film juga merupakan sarana yang mampu menginspirasi, mengajarkan, dan membuka pintu ke dunia yang lebih luas.

Ketika kita menonton film dengan pikiran yang terbuka, kita memberikan kesempatan kepada diri kita sendiri untuk menerima berbagai perspektif, ide, dan emosi yang dihadirkan dalam cerita. Setiap film membawa pesan yang berbeda-beda, dan melalui penikmatannya, kita dapat belajar mengenai kompleksitas kehidupan, hubungan antarmanusia, tantangan yang dihadapi, dan potensi yang ada dalam diri kita sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline