Lihat ke Halaman Asli

Kepala Harus Tetap Dingin, Meski Indonesia Gagal Tuan Rumah Piala Dunia

Diperbarui: 29 April 2023   18:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Kepala Dingin, sumber: illlustrations.co

Indonesia gagal menjadi tuan rumah hajatan sepak bola paling akbar sejagat tahun ini, Piala Dunia U-20 2023. 

Tragedi Kanjuruhan, Penolakan beberapa pihak terhadap Timnas Israel U-20 dan terakhir dibatalkannya jadwal Drawing yang direncanakan di Bali.

Kegetiran, kekecewaan, sakit hari penggemar sepak bola tanah air. Juga kesedihan yang melanda para punggawa Timnas Indonesia U20. Lebih dari sekedar petir di siang bolong tanpa hujan setetes pun.

Kita semua kecewa. Entah apa yang akan terjadi ke depan. Seolah masa depan sepak bola Indonesia jatuh dari tangga. 

Setelah merasakan manisnya kemenangan melawan Burundi. Asa untuk naik ke 150 Besar Rangking FIFA di depan mata. Peluang untuk unjuk gigi di Piala Dunia terbentang lebar. Tiba-tiba karpet merah untuk Hokky Caraka dkk harus digulung sebelum acara selesai.

Belum Rezeki

Mungkin memang belum rezeki Indonesia untuk tampil. Meskipun lewat tiket tuan rumah. Namun, apalah daya. Nasi di sendok yang sebentar lagi masuk mulut pun bisa lepas begitu saja.

Mungkin, rezeki Timnas Indonesia U20 memang harus tidak lewat tiket tuan rumah. Rezekinya memang harus lewat jalur normal. Jalur menunjukkan kemampuan, keganasan dan kemenangan beruntun.

Mungkin saja ini bagian dari rencana Ilahi untuk membatalkan kekalahan beruntun Indonesia di ajang Piala Dunia U20 2023.

Tentu saja jika edisi Piala Dunia U20 selanjutnya, Indonesia mampu lolos dan tampil trengginas. Indonesia akan mencatatkan sejarah manis. Meskipun sekarang harus menelan pil pahit.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline