Lihat ke Halaman Asli

Dialog Sebelum Tidur #2 Penulis Pemula Indonesia Bukan Main

Diperbarui: 1 Desember 2022   23:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pexels.com

Jika Anda kelahiran tahun 90-an ke bawah pasti tidak asing dengan Multiply. Platform blogging yang telah lama ditinggal para peminatnya.

Waktu berjalan cepat bagaikan kilatan cahaya senter tukang parkir. Waktu berkenalan dengan internet, saya masih duduk di bangku MTs. Saya harus menempuh jarak kurang lebih 10 km. 

Dari kampung saya Banjaragung, Kecamatan Bangsri sampai ke Pasar Mlonggo. Hanya untuk dapat merasakan apa itu internet. Apa itu Gmail. Apa itu Multiply.

Hari ini kita dibanjiri dengan beragam pilihan dan kemudahan yang dilayani internet. Platform blogging bertebaran. Padahal untuk orang yang biasa saja bakat menulisnya. Platform blogging yang bejibun itu adalah pilihan yang membingungkan. 

Mau menulis dimana, menulis apa, konsisten di topik apa. Kegelisahan apa yang harus diangkat. 

Baru memikirkan untuk fokus saja sudah menghabiskan banyak waktu. 

Maka saya berkesimpulan bahwa menulis adalah pekerjaan seni. Bagi siapapun yang melakukan pekerjaan menulis dengan imajinasi tingkat tinggi soal pendapatan. Bisa dipastikan akan lemes di tengah jalan.

Karena butuh ekstra pengorbanan yang tidak main-main. 

Meski pada awalnya sangat menarik dan asyik. Nyatanya banyak juga yang berakhir mengutuk sebuah istilah bernama writer's block. Sebuah mitos yang patut dipertanyakan.

Bagaimana pun kualitas penulis yang ada. Sampai yang modal kopas. Hal ini menunjukkan bahwa minat orang Indonesia terhadap dunia tulis-menulis terus meningkatkan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline