Lihat ke Halaman Asli

Irgieawan

Mahasiswa

Wisata Budaya Betawi Setu Babakan

Diperbarui: 20 Juni 2022   16:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

suasana danau di sore hari (Dokpri)

Setu babakan adalah obyek wisata alam dengan ciri khas budaya Betawi, Setu Babakan memiliki luas kawasan sekitar 32 hektar yang diapit oleh dua danau buatan yaitu danau Babakan dan danau Mangga Bolong. Di setu babakan berkaitan dengan budaya Betawi seperti bangunan adat, seni, kuliner, dan museum.

Jl. Moch Kahfi II, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12640. Jam oprasional mulai dari 09.00-16.00.

Setu Babakan juga dilengkapi Museum Betawi yang berada di Zona A. Museum ini terdiri dari dua lantai dan saat ini memberi kesempatan pengunjung untuk melihat beberapa benda-benda tempo dulu maupun replika yang pernah digunakan masyarakat Betawi. Lukisan, benda-benda antik, dan hasil produk budaya Betawi lainnya juga dipamerkan di museum ini, antara lain: alat musik, perabot rumah tangga, lukisan tokoh/budayawan Betawi, alat kerja, transportasi, dll. 

Lukisan-lukisan wajah aktor lawas Betawi Benyamin Sueb, komposer Ismail Marzuki, dan beberapa tokoh ternama Betawi lainnya terpampang di dalam museum. Benda-benda antik yang dipamerkan antara lain senjata pusaka, alat musik klasik Betawi, batik Betawi, hingga sepeda ontel. Semua membawa memori para pengunjung ke masa Betawi Tempo Doeloe. 

Di danau babakan juga dikelilingi oleh tumbuhan dan pepohonan yang rindang, sehingga hawa udaranya sangat sejuk dan  nyaman untuk bersantai. waktu yang tepat untuk menikmatinya dikala sore hari. Di sana juga terdapat wahana permainan air seperti perahu yang berbentuk bebek, delman, dll. 

Kuliner khas budaya betawi di setu babakan terbilang lengkap, seperti: dodol betawi, kerak telor, soto betawi, bir peletok, laksa, toge goreng, kembang goyang, akar kelapa, kue rangi, wajik, geplak, dll. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline