Lihat ke Halaman Asli

Irgi M. Aqil

UIN Walisongo Semarang

Penurunan Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Metode Audio Visual Secara Daring

Diperbarui: 15 Juni 2023   05:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Motivasi mahasiswa dalam pembelajaran sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal. Namun, saat ini banyak mahasiswa yang mengalami rendahnya motivasi untuk belajar, terutama di era pandemi ini yang memaksa pembelajaran dilakukan secara daring. Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi mahasiswa adalah dengan mengimplementasikan metode pembelajaran audio visual secara daring.

Metode Pembelajaran Audio Visual

Metode pembelajaran audio visual merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan antara media suara dan visual dalam rangka memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Teknologi audio visual seperti video, podcast, atau presentasi PowerPoint dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan visual dan verbal mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah.

Dalam pembelajaran daring, metode audio visual dapat diaplikasikan dengan menggunakan platform pembelajaran online seperti Zoom atau Google Classrom, di mana guru dapat menyediakan presentasi atau video pembelajaran yang relevan dengan materi yang diajarkan.

Rendahnya Motivasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring

Tentu saja, tidak semua mahasiswa merespon metode pembelajaran audio visual secara positif. Ada beberapa alasan yang menjadikan mahasiswa kurang termotivasi dalam pembelajaran daring:

  • Kurangnya interaksi sosial dengan teman sekelas dan guru
  • Keterbatasan teknologi yang dimiliki oleh mahasiswa
  • Kelelahan mata dan terganggunya kesehatan mental mahasiswa karena terlalu lama menatap layar

Meningkatkan Motivasi Mahasiswa dengan Metode Audio Visual

Meskipun terdapat beberapa kendala, namun metode pembelajaran audio visual tetap dapat meningkatkan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran daring. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi mahasiswa:

  • Membuat presentasi atau video pembelajaran yang menarik
  • Mengadakan diskusi atau tanya jawab setelah presentasi atau video pembelajaran selesai diputar
  • Menggunakan teknologi yang mudah dipahami oleh mahasiswa
  • Memberikan tugas atau proyek yang menarik dan relevan dengan materi pembelajaran
  • Mengadakan kegiatan sosial yang melibatkan seluruh kelas secara daring

Dengan menerapkan metode pembelajaran audio visual secara daring, guru dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. Hal ini dapat membantu meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar, serta memperkuat pemahaman mereka terhadap materi pelajaran.

Selain itu, guru juga dapat memberikan motivasi tambahan dengan memberikan pujian atau penghargaan kepada mahasiswa yang berhasil menyelesaikan tugas atau proyek dengan baik. Semua hal tersebut dapat membantu mahasiswa merasa lebih termotivasi dan bersemangat dalam pemNamun, selain mengimplementasikan metode pembelajaran audio visual secara daring, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran daring. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

Memberikan Pemahaman yang Jelas tentang Tujuan Pembelajaran

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline