Lihat ke Halaman Asli

Irfan Suparman

Fresh Graduate of International Law

Opini: Pengaruh Akses Kesehatan Terhadap Indikator Keluarga Sehat

Diperbarui: 22 Maret 2022   18:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

akses keshatan. sumber pixabay/mspark0

Apakah akses kesehatan sudah merata di Indonesia? Seberapa berpengaruhkah akses kesehatan terhadap indikator keluarga sehat? berikut adalah pendapatku tentang pengaruh akses kesehatan terhadap indikator keluarga sehat.

Siapa yang tidak menginginkan tubuh yang sehat. Baik itu sehat jasmani maupun rohani. Pemerintah memberikan akses kesehatan dengan program yang lebih berkualitas. Program itu adalah Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Program tersebut merupakan program lanjutan dari program Indonesia Sehat. Melalui pendekatan langsung, diharapkan masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan lebih mudah.

Dikutip dari situs Sehatnegeriku.kemenkes.go.id ada sebanyak 12 indikator dari keluarga sehat. Keluarga Berencana (KB), fasilitas kesehatan untuk ibu bersalin, imunisasi bayi lengkap, bayi mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan, Penderita TB paru-paru mendapatkan sesuai standar, penderita hipertensi mendapatkan pengobatan teratur, gangguan jiwa tidak ditelantarkan, keluarga bebas rokok, akses terhadap air bersih, jamban sehat, sekeluarga menjadi anggota JKN.

Indikator tersebut Indonesia bisa menciptakan keluarga sehat. Salah satu indikator keluarga sehat yang berhasil adalah pada tahun 2021, persentase perokok usia 15-19 tahun berkurang. Data tersebut adalah data yang diterbitkan BPS. Persentasenya diambil dari tahun 2019-2021. Dengan capaian tersebut, diharapkan Indonesia dapat mewujudkan keluarga sehat bebas rokok dan indikator lainnya dapat tercapai.

Untuk mencapainya butuh akses pelayanan kesehatan di setiap daerah. Puskesmas dan Posyandu adalah akses fasilitas kesehatan yang seharusnya ada disetiap pemukiman warga. Indonesia membutuhkan pemerataan akses kesehatan bagi seluruh warga. Hal itu untuk mendukung terwujudnya 12 indikator keluarga sehat. Dengan program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Langsung, seharusnya warga mendapatkan akses kesehatan secara langsung dari rumah ke rumah.

Akses kesehatan di masa pandemi telah diwujudkan dengan beberapa fasilitas rumah sakit yang bertambah, tempat isolasi dan akses pelayanan vaksinasi. Akan tetapi, selama pandemi banyak juga dari anak kesehatan yang gugur karena kelelahan dan sakit. Belum lagi masalah gaji untuk nakes yang tidak dibayar tepat waktu. Masalah lainnya masih banyak yang harus dibenahi untuk mewujudkan program Indonesia Sehat.

Pemerataan akses kesehatan sangat dibutuhkan saat pandemi. Kejadian pandemi 2021 menjadi titik awal lonjakan pandemi begitu besar di Indonesia. Saat itu banyak rumah sakit penuh dengan pasien Covid-19. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dilakukan untuk menekan angka Covid-19 naik. Dengan lonjakan Covid-19 pada tahun 2021 harus bisa menjadi bahan evaluasi untuk pencegahan kenaikan di tahun ini.

Dengan pemerataan akses terhadap kesehatan. Penangan terhadap pandemi bisa lebih terkoordinasi. Akses kesehatan merupakan penanganan yang preventif dibanding harus menyediakan akses kesehatan saat indikator keluarga sehat malah berbanding terbalik seperti apa yang diharapkan. Dalam koordinasi penangan pandemi juga menjadi perhatian penting terwujudnya pemerataan akses kesehatan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline