Lihat ke Halaman Asli

Irfan R

Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Peran Kepala Sekolah dalam Mengawasi Kinerja Tenaga Kependidikan

Diperbarui: 7 Juli 2024   13:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kepala sekolah memiliki peran vital dalam memastikan kualitas pendidikan di madrasah. Salah satu tugas krusial kepala sekolah adalah mengawasi kinerja tenaga kependidikan. Tenaga kependidikan, yang mencakup staf administrasi, pustakawan, laboran, dan tenaga pendukung lainnya, merupakan komponen penting dalam menunjang proses pendidikan di madrasah. Pengawasan yang efektif terhadap kinerja mereka dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan madrasah secara keseluruhan. Tulisan ini akan membahas secara komprehensif peran kepala sekolah dalam mengawasi kinerja tenaga kependidikan di madrasah.

1. Konsep Dasar Pengawasan Kinerja Tenaga Kependidikan

Pengawasan kinerja tenaga kependidikan dapat didefinisikan sebagai proses sistematis untuk memastikan bahwa aktivitas yang dilakukan oleh tenaga kependidikan sesuai dengan standar dan tujuan yang telah ditetapkan (Mulyasa, 2011). Kepala sekolah, sebagai supervisor, bertanggung jawab untuk melakukan pengawasan ini guna meningkatkan kualitas layanan pendidikan di madrasah.

2. Peran Kepala Sekolah dalam Pengawasan Kinerja Tenaga Kependidikan

Peran kepala sekolah dalam mengawasi kinerja tenaga kependidikan meliputi:

a. Perencanaan Pengawasan

  • Menyusun program pengawasan tahunan
  • Menentukan indikator kinerja untuk setiap jenis tenaga kependidikan
  • Menetapkan jadwal dan metode pengawasan

b. Pelaksanaan Pengawasan

  • Melakukan observasi langsung terhadap kinerja tenaga kependidikan
  • Memeriksa dokumen dan laporan kerja
  • Melakukan wawancara dan diskusi dengan tenaga kependidikan

c. Evaluasi dan Tindak Lanjut

  • Menganalisis hasil pengawasan
  • Memberikan umpan balik dan rekomendasi perbaikan
  • Merencanakan program pengembangan kompetensi tenaga kependidikan

3. Strategi Pengawasan Kinerja Tenaga Kependidikan

Beberapa strategi yang dapat diterapkan kepala sekolah dalam mengawasi kinerja tenaga kependidikan antara lain:

a. Pengawasan Langsung Kepala sekolah melakukan observasi langsung terhadap kinerja tenaga kependidikan di lapangan. Hal ini memungkinkan kepala sekolah untuk mendapatkan gambaran nyata tentang kinerja mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline