Lihat ke Halaman Asli

Irfan Fandi

TERVERIFIKASI

Menulis dan Membaca adalah suatu aksi yang bisa membuat kita terlihat beda dari orang yang disekitar kita

Keutamaan dan Keindahan dalam Menjaga Hubungan Antar Sesama Manusia (Hablumminannas)

Diperbarui: 20 April 2022   16:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto oleh fauxels dari Pexels 

"Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berkata yang baik atau diam. Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia memuliakan tetangganya. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia memuliakan tamunya." (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Setiap manusia wajib berserah diri kepada Allah SWT untuk meningkatkan ketakwaannya dengan cara menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Dalam hal ini juga manusia juga diwajibkan untuk bisa menjaga hubungan baik dengan sesama manusia dan lingkungannya.

Konteks dalam hubungan sesama manusia ini lebih sering kita kenal dengan sebutan "Hablumminannas", hal ini lebih mengarah kepada perilaku, sikap dan bermuamalah kepada sesama manusia. Dalam hal ini pun Allah telah mengaturnya di dalam Al Quran yang merupakan sebagai pedoman atau pegangan hidup umat muslim di seluruh dunia.

Membangun hubungan baik dengan sesama manusia tidak hanya begitu saja diperintahkan oleh Allah, karena kegiatan ini sangat memiliki peran penting dalam keseimbangan kehidupan manusia baik untuk dunia maupun di akhirat. Allah ingin umat manusia bisa menyeimbangkan kehidupan duniawi dengan akhirat untuk umat manusia, akan sia-sia amal seseorang jika ia mengerjakan perintah Allah siang dan malam, tapi lisannya tidak bisa digunakan dengan baik untuk berucap kepada sesama.

Manusia yang bisa menyeimbangkan dalam menjaga hubungan dengan Allah dan hubungan dengan sesama manusia memiliki ganjaran yang sangat luar biasa. Selain mendapatkan pahala dari amal kebaikan yang telah kita lakukan dari Allah SWT, juga mendapatkan tempat yang baik dalam kehidupannya di lingkungan masyarakat yang baik dalam lindungan Allah SWT.

Kegiatan apa saja yang bisa kita lakukan dalam menjalankan hubungan dengan sesama manusia ini, saya ada beberapa perilaku yang bisa dipaparkan untuk dibaca oleh pembaca Kompasiana saat ini. saya berharap hal ini bisa dapat diterapkan dan dilakukan dalam kehidupan kita sehari-hari, baik dengan keluarga maupun orang-orang yang ada di sekita lingkungan kita. Berikut hal yang bisa kita lakukan dalam membangun hubungan baik dengan sesama manusia :

  • Sedekah

"Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata, "Ya Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh." (QS. Al-Munafiqun: 10).

Dalam ayat diatas menjelaskan bagaimana seseorang merasa merugi tidak melakukan perbuatan baik yaitu bersedekah. Kita semua tahu bahwa penyesalan itu selalu datang diakhir, sangat merugilah jika kita tidak melakukan sikap saling berbagi dengan sesama manusia.

Melakukan sedekah dengan memberikan sebagian rezeki atau pendapat kita kepada orang-orang yang membutuhkan adalah sebuah perbuatan yang mulia. Keindahan nilai berbagi adalah mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan dalam diri kita untuk peduli, menumbuhkan rasa simpati dan empati itu sangat penting dalam membangun hubungan antar sesama manusia.

  • Menyapa dengan salam

"Sesungguhnya orang yang paling utama di sisi Allah adalah mereka yang memulai salam." (HR Abu Dawud dan Tirmidzi).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline