Lihat ke Halaman Asli

M. Irfan Afandi

Karyawan Swasta

Lupakan Batu Tulis !

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Apakah Gerindra akan mempersoalkan perjanjian Batu Tulis bilamana Megawati Soekarno Putri mendukung orang lain dan itu bukan Jokowi?

Analisa termudah adalah jawabannya buat apa? Seorang Prabowo Subianto sudah mempunyai elektabilitas tinggi dan cenderung stabil sehingga menjualnya tentu lebih mudah. Bahkan bilamana Gerindra tidak berjaya dipapan atas, atau bahkan PDI Perjuangan tidak menjadi koalisinya maka nilai tawar Prabowo rasanya masih menarik bagi partai lain untuk sama – sama mencapai puncak kekuasaan.

Namun ini adalah Jokowi.., seorang sederhana yang dalam survey apapun mampu membuat orang berpikir ulang tentang siapa yang akan dipilihnya. Dan bagi yang nggak ngerti masalah survey orang bisa melihat langsung baik melalui media maupun dengan mata kepala seperti tak ada alasan mendasar yang bisa digunakan untuk membencinya. Setiap kali ada kebencian yang ditujukan pada sosoknya ujung – ujungnya karena ada benturan kepentingan pribadi atau golongan, bukan karena kepentingan masyarakat.

Memang Gerindra saat ini seperti makan buah simalakama. Dalam urusan legislatif PDI Perjuangan adalah partai besar yang bisa dijadikan koalisi paling ideal daripada partai yang lain. Mempersoalkan perjanjian Batu Tulis hanya akan mengganggu keharmonisan antara mereka selama ini. Ketika tidak mempersoalkan maka kepentingan Ketua Umum dan pendiri partai mereka untuk berada dipucuk eksekutif tentu terancam. Siapakah yang diuntungkan, tentunya partai lain yang bisa mengail di air keruh

Mungkin, sebaiknya dalam kepentingan pilpres Gerindra sebaiknya menahan diri tanpa perlu menguras energi. Fokus pada pileg demi hasil yang bisa dipakai untuk menakar kekuatan pada tahapan selanjutnya. Selanjutnya mereka akan lebih mudah untuk bisa melihat potensi menang, kalah, numpang menang ataupun hancur (gagal total) sekalian

Bukan waktu yang tepat jika sekarang perjanjian Batu Tulis diungkit sedang harusnya dari kemarin – kemarin ketika banyak waktu luang mereka bisa menekankan hal itu.

Hal bijak yang mungkin bisa diambil adalah.., Lupakan Batu Tulis..,!!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline