Lihat ke Halaman Asli

Irfan Ardiansyah

Irfan Ardiansyah

Bisnis Kopi Mulai Merebak, Perhatikan Beberapa Tips Berikut

Diperbarui: 13 Desember 2020   22:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kuliner. Sumber ilustrasi: SHUTTERSTOCK via KOMPAS.com/Rembolle

Bisnis kopi yang semakin beragam ditandai dengan berbagai macam kedai kopi yang bermunculan. Tentunya bisnis kopi membutuhkan beberapa perhatian khusus agar bisnis tidak asal-asalan dan bisa terus jaya dimasa apapun. Banyak bisnis kopi kekinian muncul seperti janji jiwa, kopikita, coffetoffee, dan lainnya

Minum kopi sekarang sudah menjadi lifestyle bagi kebanyakan orang. Ditengah-tengah hebohnya bisnis kopi ini, tentunya para pemilik kedai kopi dihantui rasa takut akan persaingan yang semakin hari makin meningkat. Itu wajar, karena dibalik banyak keuntungan pasti ada perebutan pemain baru dalam bisnis.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu bisnis anda semakin kuat dan bisa berkembang dalam persaingan ketat ini.

1. Jaga originalitas kedai

Originalitas adalah segalanya. Semua yang berawal dari keaslian identitas akan bertahan lama jika kita bisa menjaganya.

Ryo Limijaya, Sales and Marketing Manager Anomali Coffee mengatakan bahwa bisa bertahan sampai sekarang karena komitmen menjaga identitas sebagai kedai kopi yang menyajikan kopi asli Indonesia dengan kualitas yang terbaik.

2. Senantiasa berkembang

Inovasi dalam hal ini sangat penting. Dalam dunia usaha, perubahan memberikan dampak yang besar bagi perkembangan dan keberlangsungan kedai.

Jeffrey Satria Rahadian, pemilik KopiKohLie juga menyebutkan inovasi menjadi hal yang wajib bila ingin usaha langgeng. Seperti memiliki menu baru, mengubah tatanan interior, penggunaan teknologi dalam sistem pelayanan, dan lain lain. Perubahan tersebut harus dilakukan agar bisnis terus berkembang dan tetap memperhatikan identitas dari kedai tersebut.

3. Gunakan Promosi

Strategi lain yang juga wajib dilakukan bila ingin usaha berjalan baik adalah menggunakan promosi. Promosi bisa dilakukan dengan cara memposting menu di media sosial, menunjukkan kelebihan dan sisi unik yang menjadi focus dari usaha. Tentunya ini akan menarik pelanggan baru.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline