Lihat ke Halaman Asli

Irfan Maulana

Buku Dan Pena Adalah Sahabat Saya

Menunggu Waktu Berbuka Puasa dengan Membaca Al Quran

Diperbarui: 14 April 2021   17:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Pixabay.com / Stockphoto

Bulan suci Ramadhan ini yang sudah dimulai sejak Selasa 13 April 2021 kemarin sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat baik di Indonesia maupun di dunia , terutama bagi mereka yang beragama Islam . Dan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan dan berfaedah untuk menunggu waktu berbuka puasa yaitu dengan ngabuburit . 

Ngabuburit yang dimaksud bukan pergi jalan-jalan ataupun keluar rumah , melainkan dengan membaca kitab suci Al-Qur'an . Al-Qur'an sendiri merupakan salah satu kitab suci umat Islam yang sangat penting untuk menjadi pedoman hidup , baik di dunia maupun di akhirat kelak . 

Karena dalam Al-Qur'an juga banyak mengandung pengertian dan arti yang memang juga menjadi realita kehidupan bagi kita , terutama dari pada masa jaman Jahiliah Nabi Muhammad Saw hingga jaman teknologi informasi seperti sekarang ini .

Al-Qur'an sendiri berisi hingga kurang lebih adalah 30 Juz , dengan berbagai surat dan artinya . Misalnya Al-Baqarah yang artinya adalah Sapi Betina , An-Naml yang artinya adalah Semut , Al-Asr yang artinya adalah Demi Masa dan masih banyak lagi . 

Pengertian Al-Qur'an sendiri merupakan sebuah kitab suci utama dalam agama Islam yang umat muslim percaya bahwa kitab ini diturunkan oleh Tuhan , yakni Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw . Kitab ini terbagi kedalam beberapa surah ( bab) dan setiap surahnya terbagi dalam beberapa ayat .

Al-Qur'an sendiri memiliki surat yang terdiri dari surat makkiyah yang adalah ayat ayat yang turun selama 12 tahun 5 bulan 13 hari dimulai pada 17 Ramadhan (Februari 610 M) saat Nabi Muhammad Saw berusia 40 tahun . 

Sementara itu ada juga pengertian dari surat madaniyah yang adalah istilah yang diberikan kepada ayat Al-Qur'an yang diturunkan di Madinah atau diturunkan setelah Rasulullah Saw hijrah ke Madinah . 

Selain itu membaca kitab suci Al-Qur'an pada bulan puasa Ramadhan seperti saat ini juga diyakini akan membawa keberkahan dan barokah bagi kita semua . 

Dan salah satu momen yang paling ditunggu adalah malam Nuzulul Qur'an dan biasanya terutama pada masa sebelum adanya pandemi Covid-19 , banyak masyarakat sekitar biasanya setelah melakukan ibadah sholat tarawih di masjid , mereka tidak langsung pulang ke rumah dan tetap berdiam diri di masjid dan mengaji secara bersama-sama .

Bukan itu saja , pada saat bulan puasa Ramadhan ini juga kita sering sekali mendengar lantunan ayat-ayat Al-Qur'an yang dibacakan pada saat setelah kita menyantap makanan sahur yang hingga waktunya adalah saat subuh . 

Inilah yang dinamakan dengan kenikmatan dan keindahan bulan suci Ramadhan yang tentu saja tidak dimiliki atau tidak ada pada bulan-bulan biasanya .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline