Lihat ke Halaman Asli

Irfan Maulana

Buku Dan Pena Adalah Sahabat Saya

Legenda Timnas Italia di Piala Dunia Spanyol 1982 Paolo Rossi Meninggal Dunia

Diperbarui: 10 Desember 2020   22:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Screenshot : Sumber YouTube FIFA

Sepakbola dunia kembali berduka cita , setelah sang legenda asal Argentina Diego Maradona . Kini legenda asal Italia di Piala Dunia Spanyol 1982 , dan saat itu Timnas Italia juga keluar sebagai juara dan dia adalah Paolo Rossi .

Seperti diketahui juga , Paolo Rossi lahir di Prato Italia , 23 September 1956 dan meninggal dunia di usia 64 tahun yang juga dikabarkan tepat pada hari Rabu 9 Desember 2020 malam waktu setempat atau Kamis 10 Desember 2020 dinihari WIB .

Sosok legenda yang satu ini dikenal sebagai sang legenda asal Italia yang berhasil meraih tinta emas dengan meraih gelar juara Piala Dunia Spanyol 1982 . Saat itu , Timnas Italia atau juga pasukan Tim Azzurri ( julukan Timnas Italia ) diperkuat oleh Paolo Rossi , Antonio Cabrini , Bruno Conti , Marco Tardelli , Claudio Gentile hingga penjaga gawang seperti Dino Zoff . 

Pada saat masih aktif sebagai pemain , Paolo Rossi sangat identik dengan nomor punggung yang adalah  nomor 20 , terutama pada saat membela Timnas Italia .

Saat itu , Timnas Italia juga keluar sebagai juara setelah mengalahkan Timnas Jerman yang saat itu masih bernama Jerman Barat pada partai final dengan skor akhir 3-1 di Stadion Santiago Bernabeu Madrid Spanyol juga sekaligus saat itu menjadi gelar juara yang ketiga kalinya untuk Timnas Italia . 

Paolo Rossi juga dinobatkan sebagai top skor akhir dengan total 6 gol . Dan saat itu juga , Paolo Rossi berhasil meraih trofi Ballon d'or 1982 yang juga berhasil dimenangkan olehnya .

Untuk karir klub sendiri , Paolo Rossi bermain bersama beberapa klub di Serie A Italia . Dimulai dari Juventus yang kemudian dipinjamkan ke Como di tahun 1975-1976 berlanjut di tahun 1976-1979 bersama klub L.R. Vicenza dengan rincian 94 laga dan total 60 gol . Di tahun 1979-1980 sempat kembali dipinjamkan ke Perugia dengan rincian 28 laga dan total 13 gol . 

Berlanjut pada musim terbaiknya bersama Juventus di musim 1981-1985 dengan rincian 83 laga dan total 24 gol , bersama tim La Vecchia Signora atau Si Nyonya Tua ( julukan Tim Juventus ) Paolo Rossi berhasil meraih gelar juara diantaranya , dua gelar Scudetto Serie A Italia , Coppa Italia , Piala Winners UEFA , Piala Super UEFA , dan Piala Champions Eropa atau yang dikenal sekarang dengan nama UEFA Champions League .

Kemudian bersama AC Milan di musim 1985-1986 dengan rincian 20 laga dan hanya mencetak 2 gol . Serta di penghujung karirnya sebagai pesepakbola , dirinya bermain bersama Hellas Verona di musim 1986-1987 dengan rincian 20 laga dan total 4 gol . 

Sementara itu bersama tim Azzurri ( julukan Timnas Italia ) , Paolo Rossi mencatatkan 48 laga dan total 20 gol dihitung dari musim 1977 hingga 1986 . Dan total keseluruhannya adalah 251 laga dan total dengan 103 gol .

Paolo Rossi pun akhirnya mengikuti beberapa jejak legenda sepakbola dunia yang akhirnya meninggal dunia , diantarnya Diego Maradona yang adalah legenda Timnas Argentina di Piala Dunia 1986 Meksiko yang juga berhasil meraih gelar juara bersama Timnas Argentina , Papa Bouba Diop yang merupakan legenda Timnas Senegal pada Piala Dunia 2002 Korea Selatan yang saat itu golnya semata wayang berhasil mengalahkan Timnas Prancis dengan skor akhir 1-0 , serta Ricky Yakobi yang merupakan legenda Timnas Indonesia  dan pahlawan medali emas SEA Games 1987 .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline