Lihat ke Halaman Asli

Irfan Maulana

Buku Dan Pena Adalah Sahabat Saya

Kemenangan SSC Napoli yang Berharga untuk Diego Maradona

Diperbarui: 27 November 2020   10:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemain SSC Napoli Hirving Lozano Selebrasi Dengan Golnya. Sumber: @EuropaLeague


Pertandingan lanjutan kompetisi sepakbola UEFA Europa League musim 2020/2021 Matchday 4 ada yang berbeda , pasalnya dalam laga fase grup F antara SSC Napoli vs Rijeka yang berlangsung di Estadio San Paolo Naples , Italia juga tengah dilanda berita duka cita atas meninggalnya sang legenda Timnas Argentina sekaligus mantan pemain tim I Partenopei (julukan SSC Napoli) yaitu Diego Armando Maradona . Meskipun demikian , SSC Napoli berhasil unggul dengan skor akhir 2-0 berkat gol Matteo Politano pada menit '41 serta gol Hirving Lozano pada menit '75 .

Pertandingan yang berlangsung pada Kamis 26 November 2020 malam waktu setempat atau Jumat 27 November 2020 dinihari WIB ini diawali dengan mengheningkan cipta untuk mengenang Diego Maradona .

Mengheningkan cipta untuk mengenang Diego Maradona sebelum pertandingan dimulai antara SSC Napoli vs Rijeka . Sumber:@EuropaLeague.

Jalannya pertandingan berlangsung menarik sejak menit awal, hingga akhirnya SSC Napoli berhasil unggul lebih dulu menjadi 1-0 berkat gol Matteo Politano pada menit '41 setelah berhasil menerima umpan dari Piotr Zielinski dan skor 1-0 untuk keunggulan tim asuhan pelatih Gennaro Gattuso bertahan hingga babak pertama usai . 

Memasuki babak kedua , terutama tim tamu Rijeka berusaha untuk tampil terbuka dan mencari gol penyeimbang . Namun justru tim SSC Napoli yang kembali mencetak gol menjadi 2-0 dan kali ini melalui gol Hirving Lozano pada menit '75 setelah berhasil menerima umpan dari Lorenzo Insigne . Dan skor akhir adalah 2-0 untuk keunggulan tim SSC Napoli atas Rijeka . Juga dengan hasil ini membuat SSC Napoli kini berada di posisi pertama puncak klasemen sementara dengan nilai 9 poin dari 4 laga dengan rincian 3 kali menang dan 1 kali kalah , sementara itu Rijeka kini berada di posisi juru kunci dengan nilai 0 poin dari 4 laga dan belum pernah sekalipun meraih kemenangan .

Sementara itu di pertandingan lainnya di Grup F yaitu antar tim Eredivisie Belanda AZ Alkmaar vs tim La Liga Spanyol Real Sociedad yang berakhir imbang tanpa gol 0-0 .

Sementara itu , sang legenda Diego Maradona sendiri pernah meniti karir di Serie A Italia bersama SSC Napoli , tepatnya dari musim 1984 hingga musim 1991 dengan mencatatkan penampilan 188 laga dan 81 gol . Di Estadio San Paolo kota Naples , markas tim SSC Napoli , Diego Maradona berhasil meraih berbagai gelar dan menjadi bagian yang paling penting bersama skuat I Partenopei (julukan SSC Napoli) . Bersama SSC Napoli , Diego Maradona berhasil meraih dua gelar Scudetto atau gelar juara yaitu di musim 1986/1987 dan musim 1989/1990 ) .

Selain itu , SSC Napoli bersama Diego Maradona juga berhasil meraih gelar juara Coppa Italia di musim 1986/1987 . Dan berhasil meraih gelar juara UEFA Cup atau Piala UEFA yang kini dikenal dengan nama UEFA Europa League , tepatnya pada musim 1988/1989 dengan mengalahkan lawannya asal tim Bundesliga Jerman VFB Stuttgart pada partai final .

Dan , seperti diketahui bersama Diego Maradona meninggal dunia di usia 60 tahun akibat serangan jantung. Sementara itu Diego Maradona sendiri lahir di Tigre Argentina pada 30 Oktober 1960 . 

Selamat untuk tim I Partenopei (julukan SSC Napoli) dan selamat jalan sang legenda Diego Maradona. Demikian saya Irfan Maulana terima kasih dan salam olahraga .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline