Lihat ke Halaman Asli

Irfan Maulana

Buku Dan Pena Adalah Sahabat Saya

Budaya Hidup Sehat dan Olahraga yang Menjadi Satu di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 13 November 2020   09:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi 2019 Sumber: TNG Runners

Tepat pada tanggal 12 November Kamis kemarin juga diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional yang kini memasuki usia ke-56 tahun . Dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini kegiatan untuk tetap hidup sehat bisa dilakukan dengan berbagai cara dan salah satunya adalah dengan berolahraga .

Olahraga juga ada beberapa jenis , bisa seperti olahraga lari , bersepeda dan lain sebagainya .  Mengutip pada judul artikel di atas , maksud dan tujuannya adalah supaya masyarakat dapat mengetahui , terlebih lagi dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini . Selain kita tetap sehat dan fit , dengan aktivitas seperti berolahraga juga dapat menguatkan imunitas tubuh kita , sehingga kita pun tidak akan mudah jatuh sakit , asalkan tidak berlebihan ya sobat .

Sebetulnya bukan hanya olahraga saja , akan tetapi perlu diimbangi juga oleh makan-makanan yang bergizi , sayur maupun buah-buahan yang pastinya akan membuat kita menjadi semakin lebih sehat dan fit setiap hari . Gizi yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari terdiri dari seperti Karbohidrat , Protein , dan semuanya harus seimbang . Misalnya saja saya setelah beraktivitas olahraga lari , saya langsung mengonsumsi buah seperti pisang dan minumnya adalah air putih . Karena budaya hidup sehat dan olahraga bisa menjadi satu , asalkan tidak berlebihan .

Waktu yang dibutuhkan juga ketika kita berolahraga itu adalah waktu yang disarankan minimal 1 hingga 2 jam lamanya , setelah itu kita bisa rehat sejenak atau istirahat supaya tubuh kita secara keseluruhan tetap terjaga baik nutrisi , jasmani maupun kesehatan itu sendiri . Kalo saya pribadi , saya berolahraga misalnya bersepeda itu minimal 2 jam dan setelah itu saya langsung rehat sejenak atau istirahat supaya tubuh saya tetap fit dan dapat manfaat setelah aktivitas olahraga tersebut .

Dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini juga meskipun kita sedang berolahraga , akan tetapi harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada . Misalnya tetap menggunakan masker , mencuci tangan dengan sabun ataupun membawa hand sanitizer sendiri , menjaga jarak baik physical distancing ataupun social distancing serta ditambah dengan menghindari kerumunan . 

Kemudian kita juga bisa memilih aktivitas olahraga yang berada di ruangan terbuka seperti outdoor , karena tempat tersebut diyakini selain memberikan kenyamanan bagi kita tempat tersebut juga sangat cocok untuk kita melihat pemandangan alam disekitarnya . Selain itu kita juga disarankan untuk berolahraga secara sendiri dan tidak berkerumun , tujuannya untuk menghindari penularan Virus Corona atau Covid-19 yang terhitung sejak tanggal 2 Maret 2020 lalu masuk ke Indonesia hingga saat ini kasusnya belum menunjukkan penurunan dan terus mengalami peningkatan disetiap harinya .

Seperti judul artikel di atas "Budaya Hidup Sehat Dan Olahraga Yang Menjadi Satu Dimasa Pandemi Covid-19" . Semoga kita semua selalu sehat dan tetap rajin berolahraga ditengah pandemi Covid-19 , dan harapan kita semua juga semoga pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir .

Selamat Hari Kesehatan Nasional , stay safe , stay healthy and stay happy teman-teman semua . Dengan demikian saya Irfan Maulana terima kasih dan salam hangat , salam sehat untuk kita semua .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline