Lihat ke Halaman Asli

Irene Octavia

Mahasiswi UIN Malang

Identitas Nasional

Diperbarui: 5 November 2023   01:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Semua orang di dunia ini pasti memiliki identitas masing-masing sesuai dengan apa yang ada pada dirinya, begitu pula dengan negara, tiap-tiap negara pasti memiliki identitasnya masing-masing. Indonesia juga memiliki identitas yang dinamakan identitas nasional. Identitas nasional terdiri dari kombinasi dua kata yaitu, identitas dan nasional. Pengertian dari indentitas adalah ciri-ciri, sebuah jati diri, ke-khas-an atau tanda yang telah dimiliki serta telah melekat pada benda maupun sesuatu yang dapat dijadikan pembeda dengan benda yang lain, sedangkan arti dari nasional adalah suatu tanda yang melekat pada kelompok-kelompok yang dimana kelompok tersebut lebih besar, yang terikat dikarenakan suatu kesamaan yang mencakup budaya tujuan dan cita-cita. Jadi, arti identitas nasional secara umum adalah sebuah kepribadian nasional, jati diri nasional, ataupun ciri khas nasional yang dimiliki oleh suatu bangsa yang membedakan bangsa tersebut dengan bangsa yang lain di dunia ini.

Identitas nasional Indonesia adalah gambaran bersama tentang nilai-nilai, sejarah, budaya, dan karakteristik yang mengidentifikasikan negara Indonesia secara keseluruhan. Hal ini mencakup semangat kebhinekaan, Pancasila sebagai dasar negara, Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, serta berbagai tradisi budaya yang ada di seluruh kepulauan. Sementara identitas pribadi Indonesia merupakan identitas yang dimiliki oleh individu warga negara Indonesia. Hal tersebut mencakup aspek-aspek seperti nama, agama, suku, pendidikan, pekerjaan, serta nilai-nilai dan keyakinan pribadi yang bisa berbeda antara individu satu dengan yang lain.

Kedua identitas tersebut dapat saling berinteraksi dan juga memengaruhi satu sama lain. Identitas nasional menciptakan kerangka kerja yang menjadi dasar bagi identitas pribadi warga negara Indonesia, sementara identitas pribadi individu dapat berkontribusi pada keragaman serta kekayaan identitas nasional.

Dimasa lalu, kepulauan bagi indonesia adalah rumah bagi berbagai kerajaan dan kerajaan kecil. Hal yang demikian ini telah meniptakan beragam budaya, bahasa dan tradisi, tetapi juga berkontribusi pada rasa persatuan serta identitas sebagai negara kepulauan. Indonesia mengalami kolonialisasi oleh Belanda kurang lebih hampir tiga abad lamanya. Di bawah kekuasaan belanda, perjuangan melawan penjajah telah menjadi faktor yang menguatkan akan kesadaran nasional.

Pada abad ke-20, perjuangan kemerdekaan indonesia semakin menguat, dengan dipimpin oleh beberapa tokoh seperti Soekarno dan Hatta. Mereka memainkan peran penting dalam upaya merumuskan ide-ide nasionalisme dan identitas nasional. Pada tanggal 17 Agustus 1945, indonesia mulai memproklamasikan kemerdekaannya, yang kemudian diakui oleh Belanda setelah perang kemerdekaan yang berlangsung selama beberapa tahun.

Bahasa indonesia yang berdasarkan bahasa melayu, dipilih sebagai bahasa nasional dan juga bahasa persatuan. Hal tersebut telah berperan besar dalam menyatukan beragam kelompok etnis dan bahasa diseluruh Indonesia.

Identitas nasional di Indonesia juga mencakum beberapa keragaman budaya, bahasa dan etnis yang ada di negara ini. Warisan budaya yang kaya, dengan berbagai suku, tradsisi dan agama. Keanekaragaman budaya ini menjadi bagian integral dari identitas nasional. Bhineka Tunggal Ika adalah moto yang mencerminkan keragaman ini.  Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia juga menjadi bagian penting dari identitas nasional. Nilai-nilai seperti persatuan, demokrasi, dan keadilan menjadi dasar bagi bangsa ini. Keberagaman agama, meskipun beragam agama dianut di Indonesia, semangat toleransi agama telah menjadi begian penting dalam identitas nasional.

Pada masa Orde Baru di bawah Soeharto, pemerintah mempromosikan ideologi nasionalisme dan menekan berbagai bentuk oposisi. Seiring dengan modernisasi dan juga globalisasi, indonesia terus mengembangkan identitas nasionalnya. Meskipun tantangan dan dinamika modern, kesatuan dalam keragaman akan tetap menjadi ciri khas dari bangsa ini.  

Indonesia juga memiliki simbol-simbol identitas nasional yang merupakan representasi penting dari negara ini, ataranya :

bendera merah putih, merupakan bendera nasional Indonesia dengan warna merah di atas dan warna putih di bawah, yang melambangkan keberanian untuk warna merah dan kesucian untuk warna putih.

Lambang Garuda Pancasila, lambang negara yang menampilkan gambar Garuda, tersimpan sebuah mitos pada lambang burung ini, yang memegang Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Lambang ini juga menggambarkan semangat dan kepahlawanan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline