Lihat ke Halaman Asli

Irene Maria Nisiho

TERVERIFIKASI

Ibu rumah tangga

Lotus Peninggalan Bapak Makki Perdanakusuma

Diperbarui: 4 April 2017   18:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Lotus indah yang terawat, kenangan akan Bapak (foto: Indri Makki)"][/caption]Iya, lotus-lotus ini memang peninggalan Bapak, begitu kami biasa akrab memanggil Bapak Makki Perdanakusuma. Bapak sudah meninggalkan kami, lebih dari setahun yang lalu, namun beliau meninggalkan begitu banyak kenangan, terutama buat isteri tercinta Ibu Indri Makki. Buat yang lebih akrab mendengar nama Halim Perdanakusuma, mungkin bisa membaca tulisan pendek Pak Chappy Hakim di blog beliau untuk perkenalan dengan Bapak Makki Perdanakusuma.

Lotus ini adalah salah satu peninggalan Bapak.[caption caption="Bunga yang indah merekah di manapun ia tumbuh (foto: Indri Makki)"]

[/caption]

Biasanya, Bapak sangat tekun merawat lotus-lotusnya, sementara sang isteri menjadi penonton setia, yang asyik menikmatinya. Sekarang, walau Bapak telah tiada, di angan sang isteri masih selalu terbayang Bapak yang sedang bercengkerama dengan lotus-lotusnya.

Beberapa hari yang lalu, sahabatku ini mengirim foto lotus. Saya sangat senang karena saya juga penggemar lotus.

Saking senangnya, saya minta bu Indri mengambil beberapa foto lagi, sesuai keinginan saya. Mau tahu kenapa? Karena saya terinspirasi untuk menulis sesuatu mengenai lotus Bapak yang sangat cantik ini.

Nah, inilah foto-foto lotus yang sedang anda nikmati. Lotus ini terlihat sangat indah, ya?! Padahal dia tumbuh dari dalam lumpur. Ketika tangkai bunga mulai menyembul, tak seorang pun yang akan menyangka secantik itu bunga yang bakal dimekarkan. Di dalam kelopak bunga, tampak bakal buah yang masih kecil dan berwarna kekuningan. Setelah kelopak bunganya gugur, bakal buah itu akan tumbuh semakin besar dan berwarna semakin hijau.

[caption caption="Kuncup yang menyembunyikan keindahan yang akan mekar (foto: Indri Makki)"]

[/caption]

[caption caption="Kuncup yang baru merekah (Foto: Indri Makki)"]

[/caption]

Uniknya, buahnya itu tidak bisa di makan karena memang tidak ada apa-apanya. Dia hanya berupa serabut kalau di sobek.

Tidak seperti buah kebanyakan yang bijinya tersembunyi di dalam daging buah, lotus malah memamerkan biji-bijinya. Mungkin supaya menarik, karena justeru hanya biji-biji ini yang bisa dimakan. Setelah biji dikupas, daging biji ini bisa langsung dimakan, walaupun ada juga yang mengolahnya terlebih dahulu.

Olahan biji lotus yang paling terkenal adalah yang dibuat untuk isi mooncake atau kue bulan, pada waktu perayaan mooncake.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline