Lihat ke Halaman Asli

Kesehatan Mental, Pengaruh dalam Kehidupan Sehari-Hari, Macam-Macam, dan Cara Mengatasinya

Diperbarui: 23 April 2024   14:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kesehatan mental adalah kondisi yang meliputi psikologis, emosional dan sosial seseorang. Hal ini memengaruhi bagaimana seseorang bertindak,merasakan, dan berfikir dalam kehidupan sehari-hari.

 Kesehatan mental yang baik adalah dimana seseorang memiliki kondisi batin yang tenang, tentram dan sejahtera, yang dapat membuat seseorang menikmati kehidupan sehari-hari dengan baik dan seimbang. 

Faktor yang mempengaruhi kesehatan mental diantaranya adalah faktor genetik, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), trauma masa lalu, pelecehan seksual, penderitaan dengan penyakit parah dan berkepanjangan, dan pola hidup.

Jika faktor tersebut dialami oleh seseorang secara terus menerus, hal itu dapat mengakibatkan gangguan kesehatan mental.

Berikut adalah beberapa jenis gangguan kesehatan mental juga rinciannya : 

    -Gangguan kecemasan: Gangguan kecemasan adalah kondisi dimana penderita merasa mudah gelisah, tersinggung, dan memiliki perilaku yang tidak etis/efektif. 

    -Depresi: Depresi adalah kondisi dimana penderita merasa lesu(tidak punya energi), sedih, dan tidak merasa memiliki motivasi.

    -ADHD (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder): ADHD adalah kondisi dimana penderita menjadi kekurangan konsentrasi, gampang lupa, dan terlalu aktif.

    -Skizofrenia: Skizofrenia adalah kondisi dimana penderita memiliki delusi, halusinasi, dan paranoid

    -Bipolar: Bipolar adalah kondisi dimana penderita mengalami perubahan keadaan emosi dengan waktu yang singkat, dari mania yang euphorik hingga depresi yang sedih.

    -Gangguan tidur/Insomnia: Gangguan tidur adalah kondisi dimana penderita mengalami pola tidur yang tidak baik atau tidur tidak nyenyak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline