Lihat ke Halaman Asli

Irena DwiFebriani

Universitas Pendidikan Indonesia

Program Magang Mahasiswa di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bandung Suniaraja

Diperbarui: 10 Juni 2023   16:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah salah satu program unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa dalam menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Salah satu bentuk kegiatan pembelajaran yang ditawarkan adalah magang/praktik. Magang bertujuan untuk memberikan kesempatan dalam mengaplikasikan teori-teori yang telah dipelajari di perkuliahan, serta penerapan keterampilan umum dan khusus di dunia kerja.

Perguruan tinggi membentuk mahasiswanya bukan hanya menguasai hard skill tetapi juga harus menguasai soft skill yang memadai sesuai dengan bidangnya melalui pengembangan kemampuan berkomunikasi dengan baik, kemampuan bekerja mandiri maupun dengan tim, serta kemampuan dalam berlogika dan menganalisis. Dalam hal ini, dunia kerja menuntut untuk mendapatkan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif dalam persaingan dunia usaha. Dengan adanya kegiatan magang ini, mahasiswa akan lebih mengetahui bagaimana kondisi dunia kerja yang sesungguhnya dengan terjun langsung ke lapangan. Dengan demikian, mahasiswa lebih termotivasi untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan keterampilan di dunia kerja. (Rahayu, 2016)

Bank Syariah Indonesia merupakan bank hasil merger antara PT Bank BRIsyariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank BNI Syariah yang bergerak di bidang perbankan dan lembaga keuangan syariah. Bank Syariah Kantor Cabang Bandung Suniaraja ini menjadi tempat berlangsungnya kegiatan magang penulis selama kurang lebih 4 bulan. Selama pelaksanaan program magang penulis ditugaskan pada banking operational.

Penulis membantu divisi funding & transaction staff untuk pembukaan rekening baru nasabah yang dilakukan secara kolektif untuk instansi sebanyak 200 rekening. Dimulai dari screening dokumen yang dibutuhkan untuk melengkapi identitas nasabah seperti KTP, Kartu Keluarga, dan NPWP (jika memiliki). Setelah proses screening dokumen berlanjut dengan mendata semua informasi yang dibutuhkan dari dokumen tersebut. Setelah semua data yang diperlukan lengkap, selanjutnya adalah penginputan data untuk membuat nomor CIF (Customer Info File) atau dapat disebut sebagai sebuah data induk dari bank untuk nasabah. Setelah menginput data dan menghasilkan nomor CIF, selanjutnya adalah pembukaan rekening. Setelah pembukaan rekening dilanjutkan dengan penginputan nomor kartu ATM. Setelah semua proses pembukaan rekening selesai, selanjutnya adalah penyerahan rekening yang sudah aktif kepada nasabah. Pada saat itu penulis ikut serta untuk membagikan buku tabungan dan kartu ATM serta menjelaskan terkait produk tabungan tersebut kepada nasabah pembukaan rekening oleh instansi secara kolektif.

Penulis juga membantu divisi marketing untuk broadcast kepada 1000 nasabah BSI KC Bandung Suniaraja terkait  produk-produk dan program BSI seperti Tabunga Haji Indonesia, Labbaik, Abatana, Pesta Hadiah, Gadai Emas, Cicil Emas dan masih banyak lagi. Selain itu, penulis ikut serta dalam dalam program pelunasan haji nasabah BSI tahun 2023. Penulis membantu customer service untuk screening dokumen yang harus dilengkapi oleh nasabah serta membantu teller untuk mencetak bukti pelunasan dan memberikan souvenir kepada nasabah haji BSI.

Terdapat banyak pembelajaran dan pengalaman yang penulis dapatkan dalam kegiatan magang ini yang dapat menunjang penulis untuk masuk ke dunia kerja nantinya. Penulis mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai BSI KC Bandung Suniaraja yang telah memberikan kesempatan kepada penulis sehingga penulis dapat belajar dan berkembang di sana. Dengan berkesempatan magang di Bank Syariah Indonesia, penulis menjadi mengetahui bagaimana implementasi dari teori yang telah penulis dapat selama belajar di perkuliahan pada Program Studi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam yang sangat relevan dengan tempat magang penulis yaitu perbankan syariah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline