Lihat ke Halaman Asli

Irda Febriyanti

Mahasiswa UIN (22107030118)

Tips Meningkatkan Skill Public Speaking

Diperbarui: 11 Juni 2023   17:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: Kumparan

Public speaking adalah keterampilan yang sangat berharga dalam berbagai aspek kehidupan, baik itu di tempat kerja, dalam presentasi publik, atau dalam situasi sosial. Tampil dan mempresentasikan di depan umum memang tidak semudah yang dipikirkan orang-orang. Rahasia publik speaking tidak hanya dari berani tampil depan umum, namun juga tentang menyampaikan ide kepada publik.

Public speaking sangat diperlukan bagi semua orang dalam berbagai aspek kehidupan, baik saat kuliah maupun kerja. So, public speaking perlu dilatih dan di biasakan.

Masih tidak punya kemampuan untuk public speaking? Tenang saja kemampuan itu bisa diasah atau dilatih. Yuk Simak tips berikut agar kemampuan publik speaking semakin bagus:

Persiapkan Diri Anda Secara Mendalam

Persiapan adalah kunci kesuksesan dalam public speaking. Pelajari topik yang akan Anda presentasikan dengan baik. Buatlah catatan yang jelas dan terstruktur, dan pastikan Anda memahami materi tersebut sepenuhnya. Semakin baik Anda mempersiapkan diri, semakin percaya diri Anda akan tampil di depan publik.

Menulis Poin-poin Materi Yang Akan Disampaikan

Berbicara didepan umum tentunya tidak langsung mengalir begitu saja. Perlu menyiapkan materi yang akan dibahas agar informasi yang disampaikan jelas dan tidak keluar dari topik pembahasan. So, menulis poin-poin yang akan dibahas itu sangat perlu, supaya dapat lebih memudahkan anda dalam menyampaikan materi tersebut dan membuat anda lebih percaya diri.

Latihan Terus Menerus

Latihan adalah bagian penting dalam meningkatkan kemampuan public speaking. Carilah kesempatan untuk berlatih di depan cermin, dengan teman, atau bahkan dengan kelompok diskusi. Latihan akan membantu Anda mengasah kefasihan, mengatur intonasi suara, dan memperbaiki gerakan tubuh yang sesuai.

Berlatih sampai merasa bisa dan jangan berkecil hati apabila mendapat saran dan kritikan dari orang yang lebih berpengalaman.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline