Lihat ke Halaman Asli

Ira Wiranti

Ibu Rumah Tangga

10 Tips Mencari Tempat Service Laptop yang Bagus di Jakarta

Diperbarui: 27 November 2022   23:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam memilih tempat service laptop memang tidak cukup mudah. Karena pengalaman pribadi dan cerita dari kawan-kawan jadi terinspirasi membuat artikel ini. 

Berikut ini 10 tips dalam mencari tempat service laptop yang bagus di Jakarta

  • Teknisi berpengalaman
    Bagian ini agak sulit memang cara mengetahui seberapa pengalaman jasa service laptop yang ingin dipilih. Biasanya hal sederhana yang perlu dilakukan adalah dengan cara bertanya tentang pengalamannya. Misalnya kasus seperti apa saja yang pernah ditangani, berapa lama biasanya hal seperti itu dikerjakan, kalau perlu bertanya yang berkaitan dengan sparepart sampai dengan biaya untuk layanan tersebut.
  • Memiliki Website
    Biasanya layanan service laptop yang sudah cukup serius memiliki website dengan domain dan hosting yang bukan gratisan seperti blogspot/ blogger. Tapi memang betul-betul menggunakan hosting dan domain untuk bisnisnya sendiri. Hal ini selain memang ada kesan bisnisnya cukup berkelas, sebagai calon pelanggannya juga bisa mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya tentang bisnis service laptopnya itu.
  • Memiliki kontak jelas
    Kontak ini antaranya alamat email bisnis misalnya akun_emailnya@domainservicelaptop.com dan bukan gratisan seperti gmail, yahoo atau sejenisnya. Selebihnya kontak-kontak standar seperti nomor telepon, whatsapp dan alamat lengkap.
  • Terdaftar di google map
    Untuk era sekarang, hal ini sangat penting. Apa lagi saat ada yang ingin mengantar service-an laptop atau komputernya. Google map biasanya menjadi acuan untuk menunjukkan titik lokasi service yang ingin dituju. Jika Anda berdomisili di Jakarta Barat maka service laptop Jakarta Barat perlu dijadikan pilihan prioritas Anda.
  • Memiliki akun sosial media
    Untuk hal ini biasanya digunakan untuk menambah jangkauan calon pelanggan baru dan untuk mendapatkan interaksi dari pelanggan yang ada atau calon pelanggan baru. Bagian ini biasanya menunjukkan seberapa aktif tim marketing/ sales dari service laptop ini
  • Lokasi terdekat dengan lokasi Anda
    Tempat yang lebih mudah dijangkau tentunya lebih menguntungkan dari akselerasi ataupun biaya pengirimannya. Apalagi kalau masih dalam masa garansi masih ditemukan problem. Bila lokasinya cukup jauh bagi sebagian orang biasanya agak terkendala terutama biaya pengirimannya.
  • Service Bergaransi
    Garansi ini termasuk hal yang penting diperhatikan. Simpan baik-baik bukti pembayaran dan sebagian jasa service laptop profesional biasanya menggunakan stiker segel garansi dibagian tertentu pada laptop yang telah diperbaiki, pastikan segel ini jangan sampai rusak sampai berakhirnya masa garansi.
  • Gratis konsultasi
    Jika ada layanan konsultasi gratis ini amat baik bagi pelanggan/ calon pelanggan sebelum mengirim laptop atau komputer yang ingin diperbaiki. Biasanya konsultasi ini seputar perkiraan kerusakan yang terjadi berdasar cerita dari pelanggannya, sekaligus mendapatkan informasi perkiraan biayanya. Walaupun pada akhirnya perkiraan ini belum tentu tepat, karena perlu adanya pengecekkan lebih lanjut terlebih dahulu untuk memastikan kerusakan/ masalahnya.
  • Tim yang Amanah
    Bagian ini cukup sulit cara mengetahuinya dan biasanya bisa tahu setelah berinteraksi dengan mereka. Seperti halnya saat mereka menjanjikan perkiraan selesai pengecekkan 2-3 hari tapi bila ternyata lebih dari 5 hari ada baiknya Anda tanyakan kembali keadaan laptop Anda. Karena kalau cukup jauh dari perkiraan hari yang dijanjikan dikhawatirnya laptop Anda terbengkalai atau tidak diprioritaskan pengecekkannya. Karena biasanya setelah pengecekkan baru bisa diinformasikan biaya servicenya, kalau cocok bisa dilanjut eksekusi perbaikannya. Namun bila kurang cocok misalnya dari sisi biaya bisa Anda tunda dikemudian hari atau dibatalkan, namun biasanya ada biaya admin pembatalan service (cancel fee).
  • Bisa janjian diluar jam kerja atau hari libur
    Bagi orang-orang yang sering lembur atau pulang kantor terlalu sore biasanya lebih suka dengan service laptop yang tetap buka diluar jam kerja. Namun ada juga service laptop yang sebenarnya sudah tutup namun tetap bisa diantar dengan cara janjian terlebih dahulu. Baiknya Anda hubungi terlebih dahulu ke tim admin atau customer servicenya mengenai layanan ini.

Demikian informasi tentang tips mencari tempat service yang bagus untuk kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah menyempatkan waktunya membaca artikel ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline