Lihat ke Halaman Asli

Eko Irawan

Pegiat Sejarah, Sastra, Budaya dan Literasi

Ngopi di Tiga Kota (Seri Romansa Asmaraloka #10)

Diperbarui: 13 November 2023   01:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri Eko Irawan untuk seri Romansa Asmaraloka #10 foto Huize Jon cafe

Cerpen : Ngopi di Tiga Kota
(Seri Romansa Asmaraloka #10)
Ditulis oleh : eko Irawan

Hidup adalah perjalanan. Arungi waktu, meneroka ruang. Mengeluh bukan jawaban, bersyukur adalah cara. Cara menikmati hidup agar hidup lebih hidup. Fix no debat, jalani saja. Nikmati apa yang ada. Ngopi di tiga kota, nikmati suasana malang Surabaya Jogja.

Senja di hari Jumat serasa syahdu. Hujan baru saja mengguyur kota malang, menggembalakan Marwah kota ini sebagai kota dingin.
Kayu tangan jadi pusat orang orang kongkow menikmati suasana heritage bersama lampu dan grup grup musik yang main diberbagai tempat.

Dari ujung ke ujung kita seolah turis luar kota yang menikmati kotanya sendiri. Terlepas mau bingung heritage nya mana. Mau dibawa kemana. Yang penting, sekarang wisatawan sudah berhasil datang. Tiap malam tiada jeda. Selalu ramai. Bak laron laron yang terpanggil kumpul karena ada lampu lampu.

Membangun magnet untuk memikat wisatawan untuk terus hadir membuktikan kayu tangan terus tumbuh. Aku dan engkau terus saja jalan menikmati trotoar yang penuh dipadati pengunjung.
"Ayo Ngopi, yang nyantai." Bisikmu mengajak cari tempat ngopi. Aku paham tempat ngopi seperti apa yang kamu gemari. Mungkin ini kali pertama aku ajak my soulmate ku hadir di Huize Jon. Biasanya aku hadir sendiri disana. Untuk apa? Tentu untuk menulis. Huize Jon spraken jadi kisah tersendiri memotret malang dari sisi yang lain.

Tentu wow banget para kolegaku menyambut. Maklum edisi perdana bersama soulmate. Tapi mereka tidak akan mengganggu. Akhirnya datang Seduhan kopi spesial menemani bincang kami semakin asyik. Tentu tiga hal yang selalu kita bincangkan. Kemarin, hari ini dan esok. Dan besok kita ke mana?

Dokpri Eko Irawan seri Romansa Asmaraloka #10


Sabtu Pagi itu ada yang beda. Bangun pagi pagi, meninggalkan malang tercinta untuk beranjak ke Surabaya. Mari kita meneroka jalan tol malang Surabaya.Sejam lebih kita tempuh hingga akhirnya Surabaya menyambut dengan udara hangatnya. Kita ditunggu diacara bedah buku di kampus Airlangga. Belum ngopi memang, karena kita datang pas acara sudah di mulai. Nanti saja kita eksplore Surabaya selepas acara ini usai.

Kota tua Surabaya memang menawarkan heritage yang sesungguhnya. Lontong balap jadi sajian makan siang ini dan tentunya ngopi. Dan kita akan Ngopi di hotel Yamato. Tentara Inggris mengenang kota ini sebagai Inferno. Perang Surabaya jadi perang bangsa indonesia yang pertama setelah kemerdekaan.

Dokpri Eko Irawan seri Romansa Asmaraloka #10 foto diolah dengan snapsheed

Duduk ngopi di Hotel yang kini jadi hotel Majapahit seolah duduk di mesin waktu. Jaman Belanda jadi pusat warga elit dimana pribumi selaku pemilik Nusantara jadi buruh para penjajah. Jaman Jepang tempat ini jadi markas komando. Dan setelah peristiwa penyobekan bendera tempat ini berubah nama jadi hotel merdeka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline