Lihat ke Halaman Asli

Eko Irawan

Pegiat Sejarah, Sastra, Budaya dan Literasi

Lodji Temenggungan Ideal Jadi Bootcamp Wisata Sejarah Kota Malang

Diperbarui: 12 September 2023   16:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri Gebouw Van de loge Malang te Malang

Lodji Temenggungan ideal jadi Bootcamp wisata Sejarah Kota Malang
Ditulis oleh : eko irawan

(Pegiat Sejarah Museum Reenactor Ngalam)

Upaya keswadayaan mengembangkan destinasi wisata tematik diperlukan ide dan kolaborasi yang lebih kongkrit dan berkesinambungan. Diperlukan sebuah team yang memulai ide tersebut dengan trend kekinian, yaitu melakukan kegiatan yang disebut bootcamp.

Bootcamp adalah Sebuah kegiatan mentoring dengan berbagi pengalaman dan jejaring akan suatu ide yang akan digagas agar tidak terus menjadi rencana, tapi terwujud langkah real tahap demi tahap sesuai saran dan masukan dari profesional dan mereka yang telah lebih dahulu mempelopori dilain tempat. 

Upaya mengundang mereka para penggagas dari destinasi lain atau berbalik mengunjungi destinasi mereka sebagai study banding merupakan langkah bijak yang tidak bisa ditinggalkan. Berbagi kisah dan pengalaman ini merupakan masukan agar kesalahan yang sama tidak terjadi dan bagaimana solusi mengatasi kendala yang terjadi dengan solusi cerdas tanpa rugi waktu, biaya ataupun SDM. Gagasan Lodji Temenggungan ternyata sangat ideal jadi bootcamp wisata Sejarah kota Malang. Pembahasan mengenai Lodji Temenggungan bisa dibaca di link sbb :


https://www.kompasiana.com/irawanoke1803/64fa965a4addee297272c484/menggagas-lodji-temenggungan-destinasi-tematik-kelurahan-sukoharjo-kota-malang

Tempat Bootcamp Ideal

Dokpri Eko irawan

Dari segi tempat gedung  di Jalan Arismunandar No. 52, Samping barat kelurahan Sukoharjo kota Malang ini sangat eksotis dengan style heritage ala kolonial.

Inilah 'loji' Vrijmetselaar di Malang yang digunakan sejak 1 April 1914. Dahulu jalan tersebut disebut Klodjen Kidoel Straat.  Fungsi gedung tersebut adalah Perpustakaan 'umum' tertua di Hindia Belanda yang pernah ada di Malang.
Menurut saya, tempat ini layak jadi bootcamp wisata sejarah kota Malang. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline