Lihat ke Halaman Asli

Eko Irawan

Pegiat Sejarah, Sastra, Budaya dan Literasi

Merayakan Merdeka ala Reenactor

Diperbarui: 30 Agustus 2023   14:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri foto oleh @Apry Aje

Merayakan Merdeka ala Reenactor
Ditulis oleh eko irawan

Ada banyak cara merayakan kemerdekaan. Sepanjang Agustus hampir di semua pelosok negeri tengah sibuk merayakan kemerdekaan. Beraneka festival hingga lomba lomba digelar. 

Reenactor Ngalam punya cara sendiri merayakan kemerdekaan Bangsa Indonesia, tentu tak jauh dari makna historical Reenactment. Yaitu mengangkat konsep reka ulang peristiwa berita kemerdekaan. Berikut beberapa Foto karya Fotografer Sam Apry Aje

Dokpri Foto oleh @Apry Aje

Dokpri Foto oleh @Apry Aje

Dokpri Foto oleh @Apry Aje

Mengenal Reka Ulang

Belajar sejarah kadang diasosiasikan sebagai kegiatan mempelajari kejadian di masa lampau yang membosankan. Duduk membaca dan menghafalkan tahun dan peristiwa kejadian masa lalu. Namun ada cara belajar sejarah yang menarik dan mengasyikkan dengan melibatkan kegiatan fisik, yaitu, melalui reenactment.

Reenactment adalah kegiatan reka ulang peristiwa bersejarah dengan mengenakan seragam atau pakaian dan aksesoris di masa lalu berdasarkan riset sejarah. Riset ini dilakukan melalui studi pustaka, wawancara, dan penelusuran lapangan. 

Apakah Reenactor termasuk cosplay? Memang ada persamaan, tapi juga ada perbedaan. Perbedaannya adalah reenactment berdasarkan pada kejadian dan tokoh yang benar ada di dunia berdasar sejarah otentik, sedangkan cosplay berdasarkan pada kejadian dan tokoh fantasi atau fiksi yang berasal dari film, kartun atau manga. Reenactor juga berbeda dengan kelompok hobby sepeda tua atau motor klasik. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline