Lihat ke Halaman Asli

Eko Irawan

Pegiat Sejarah, Sastra, Budaya dan Literasi

Spirit Sang Topeng di Simpang Tradisi

Diperbarui: 21 Agustus 2023   09:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri Eko Irawan acara pembukaan Kembul Topeng #2 Jumat 19 Agustus 2023

Spirit sang Topeng di Simpang Tradisi
Ditulis oleh eko irawan

Kembul Topeng #2 adalah wadah eksistensi kegiatan seni topeng yang terus berusaha tumbuh agar tetap lestari di bumi Nusantara. Dengan tema Spirit Sang Topeng di Simpang Tradisi acara ini digelar mulai tanggal 19 s/d 26 Agustus 2023 di Padepokan Seni Mangun Dharma tumpang Kabupaten Malang. 

Dokpri Panitia acara kembul topeng #2

Hari ini Senin, 21 Agustus 2023 digelar Sarasehan Topeng yang memberi kajian eksistensi topeng Malangan dan budaya panji pada umumnya di bumi Nusantara.

Dokpri Eko Irawan acara pembukaan Acara Kembul Topeng #2 oleh Bapak Wakil Bupati Kabupaten Malang


Acara ini dibuka oleh Bapak Wakil Bupati Malang pada Jumat, 19 Agustus kemarin yang memberikan pencerahan eksistensi topeng Malangan agar terdaftar memiliki HAKI yang diakui keberadaannya secara nasional dan agar topeng Malangan tidak diakui atau diklaim pihak lain. Budaya Topeng Malangan merupakan kebanggaan warga Malang Raya khususnya warga kabupaten Malang. Topeng Malangan juga disinggung agar punya museum Topeng Malangan agar sejarah dan khasanah budaya panji punya wadah apresiasi. 

Kembul Topeng #2 yang digelar di Padepokan seni Mangun Dharma ini juga akan didukung oleh sanggar dan seniman dari berbagai daerah di Indonesia.
Seniman dan sanggar topeng yang diundang berasal dari Bangkalan, Sampang, Surabaya, Madiun, Tuban, Pamekasan dan Sumenep. Tidak ketinggalan seniman dari Denpasar Bali, Indramayu, Jogyakarta, Solo, Magelang, Cirebon, Bandung dan Jakarta turut hadir. Wilayah perkembangan topeng seperti daerah Banyuwangi, Bondowoso, Lumajang, Ponorogo juga dijawalkan ikut dalam event ini.

Dokpri Eko Irawan penampilan topeng Bali diacara pembukaan kembul topeng #2

Bagi saudara yang berkesempatan hadir silahkan merapat ke acara kembul Topeng, untuk informasi lebih lengkap terkait Kembul Topeng dapat hubungi di kontak wa 081225826217 (KI Soleh Adi Pramono) dan 085726006242 (Cak Winarto Ekram).
Semoga topeng Malangan semakin maju dan punya tempat apresiasi.

Malang, 21 Agustus 2023




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline