Lihat ke Halaman Asli

Eko Irawan

Pegiat Sejarah, Sastra, Budaya dan Literasi

Jiwa yang Bertanya (ultimate Consciousness Series #3)

Diperbarui: 10 Oktober 2022   14:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri ultimate Consciousness Series #3

Aku Siapa. Apakah aku sedang sakit jiwa. Meronta dalam vibes kehidupan penuh enigma. Pertarungan diri, mendaki menuju manusia mulia.

Tahu, tapi hanya sedikit. Paham, tapi hanya sekelumit. Apa yang kukira baik, belum tentu pahala. Yang dikira buruk, belum tentu dosa.  Yang kupuja, belum tentu berguna. Hanya Iman yang menolongku, ditengah belantara alam semesta yang penuh enigma.

Aku Siapa. Jiwa yang lahir tanpa mampu memilih ibu dari bangsa apa. Kasih ibuku yang jadikan aku ada. Tumbuh dalam perjuangan. Tumbuh dalam pendakian. Jadi terbaik itu, tak ada yang gratis. Semua berjalan dalam takdir, penuh ujian, penuh cobaan. Banyak rintangan, penuh godaan. 

Aku siapa. Aku adalah jiwa yang bertanya. Aku ini merasa bodoh. Tak tahu apa apa. Tapi jiwa ini congkak. Menepuk dada. Melihat yang lain jadi manusia hina Dina. Merasa diri terhebat dan paling mulia. Tapi lupa berkaca, menari bangga tapi jiwa ini dianggap gila.

Takdir memang berisi vibes yang berbeda. Tuhan selalu ada disetiap cerita manusia. Tapi kau kadang pelit, untuk mengakui Yang Kuasa. Seolah paling bisa. Paling sutradara. Tak mudah meraih kesadaran insan Kamil yang mulia. Keakuan yang ditertawakan jagad raya. 

Tolonglah aku Tuhan. Tanpa dibimbing Tuhan, jiwa ini bergerak gila. Tak ubah makhluk primata. Dakilah kesadaran tertinggi manusia. 

Berdoalah dalam jalur imanmu. Berpasrahlah pada Illahmu. Pencerahan akan menolong jiwa jiwa sesat. Pencerahan akan membuka jalan keajaiban. Karena aku tak tahu, aku siapa.

Malang, 10 Oktober 2022

ditulis oleh Eko Irawan 

untuk Ultimate Consciousness Series #3





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline