Lihat ke Halaman Asli

Irawan Setiya Widodo

Kepala Sekolah SDN 1 Nglawak Prambon

1.2.a.8 Koneksi Antar Materi Modul 1.2

Diperbarui: 23 November 2022   11:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

  1. PERISTIWA 

Pada modul 1.1 hal yang paling berkesan adalah ketika saya mempelajari dan memahami tentang filosofi dan pemikiran KHD, bahwa tugas guru adalah menuntun kodrat yang ada pada anak, sehingga mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Sedangkan pada modul 1.2,, saya mempelajari nilai dan peran guru penggerak yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak.

 Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2

Pada modul 1.1 mempelajari tentang filosofi dan pemikiran KHD bahwa tugas guru adalah menuntun segala kodrat anak agar mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat. Hal ini selaras dengan nilai yang ada pada modul 1.2, yaitu pembelajaran yang berpihak pada murid yang merupakan salah satu nilai dari guru penggerak. Nilai selanjutnya adalah mandiri, hal tersebut juga berkaitan dengan modul 1.1 yaitu trilogi pendidikan. Seorang guru harus dapat memberi contoh atau teladan.

Nilai yang tidak kalah penting yang berkaitan dengan modul 1.1 adalah Inovatif, seorang guru dalam menuntun kodrat anak harus berkreasi, bagaimana seorang anak diarahkan, bagaimana supaya anak tertarik dengan materi yang akan disampaikan.

2. PERASAAN

Saat mempelajari modul 1.1 dan 1.2 perasaaan yang saya terima ada senang, suka, dan terinspirasi.

Perasaan senang dan suka karena saya dapat mempelajari hal-hal baru mengenai nilai dan peran guru penggerak. 

Terinspirasi karena saya ingin mengaplikasikan nilai dan peran gur penggerak tersebut ke dalam pembelajaran sehari-hari. Karena selama ini masih kurang puas dengan pelaksanaan pendidikan yang telah berjalan, yaitu kurangnya peran untuk mendorong kolabarasi dengan rekan guru yang lain sekolah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline