Lihat ke Halaman Asli

Irawan Abidin

Mahasiswa Pertanian

Cara Menjaga Kekompakan Karyawan agar Tetap Solid dalam Bekerja

Diperbarui: 3 Oktober 2023   07:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Karyawan diperkebunan Kelapa Sawit (Irawan Abidin)

Dalam bekerja menjaga kekompakan dan solidaritas harus kita utamakan tentunya hal ini akan berpengaruh terhadap performa kita dalam bekerja dan pencapaian target.

Dalam menjaga kekompakan ini kita bukan saja membangun hubungan antar individu atau secara sendiri, namun kita harus membangun sebuah yang disebut team work yang kompak untuk satu tujuan.

Tentunya sebagian pemimpin hal ini harus menjadi target kita dalam keberhasilan dalam mimpin sebuah tim, untuk itu perlu adanya dukungan serta support dari karyawan kita untuk pencapaian kita.

Saya teringat 2 tahun lalu saat saya mimpin satu buah kebun dimana saya memiliki sekitar 100-200 karyawan dimana kekompakan team harus terjalin dengan erat satu sama lainya walaupun memiliki tantangan yang berbeda-beda dan suka-cita.

Untuk itu kita sebagai pemimpin harus memiliki kemampuan untuk mengerti dan cerdas dalam mengelola karyawan kita saat kita di lapangan walaupun memiliki tantangan yang cukup berat.

Dalam hal ini saya akan bercerita sedikit pengalaman saya sewaktu saya di lapangan cara menjaga kekompakan karyawan sehingga karyawan dan kita tetap solid hingga mencapai satu tujuan yaitu pencapaian.

Ya, mungkin saja setiap orang berbeda beda melakukan nya tergantung situasi dan kondisi di lapangan berikut cara saya yang bisa di terapkan sahabat Sawit jika di bekerja di perkebunan kelapa sawit, nah bagaimana mana caranya berikut ulasannya:

1. Memahami  Tujuan

Untuk menerapkan lingkungan kerja yang kondusif dan mencapai tujuan team work, tentunya harus memahami tujuan bersama untuk apa pekerjaan ini kita kerjakan dan kita lakukan.

Untuk itu perlu adanya kita memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada karyawan tujuan kita bekerja ini untuk apa dan mencari apa, agar pemahaman karyawan sama dengan pemahaman kita untuk mencapai tujuan yaitu target.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline