Lihat ke Halaman Asli

Irawan Abidin

Mahasiswa Pertanian

5 Persiapan Menanam Kelapa Sawit di Lahan Gambut

Diperbarui: 11 September 2023   16:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: penglihatan tanam pada lahan gambut (Irawan Abidin)

Tanaman kelapa sawit merupakan tanaman yang menghasilkan minyak nabati yang cukup penting, dalam membantu perekonomian masyarakat daerah khususnya di negara Indonesia.

Selain itu kelapa sawit merupakan salah satu jenis komoditas perkebunan yang memiliki banyak manfaat mulai dari buah kelapa sawit hingga akar dari kelapa sawit tersebut.

Hal ini menandakan bahwa peran kelapa sawit sangat penting dalam membantu perkembangan dan tumbuh ekonomi dalam masyarakat di Indonesia. 

Selain itu sebagai pelaku industri yang bergerak pada budidaya tanaman tentunya kita sudah mengetahui bagaimana persiapan pekerjaan terkait persiapan lahan untuk perkebunan kelapa sawit.

Yap, tentunya dengan kondisi seperti ini untuk membantu serta meningkatkan produktivitas kelapa sawit tentunya kita harus mengetahui bagaimana proses persiapan lahan yang ada pada kelapa sawit.

Agar saat kita melakukan penanaman yang menginvestasikan harga yang tinggi namun dengan hasil yang bagus, untuk itu penting sekiranya nya bagi kita untuk mengetahui pengelolaan lahan kelapa sawit.

Pada umumnya di dunia perkebunan kelapa sawit memiliki dua konsep untuk menanam kelapa sawit ada yang menyebutkan konsep pengelolaan lahan mineral yang berarti lahan yang terbentuk dan berkembang dari bahan mineral.

Dan yang kedua ada juga pengelolaan lahan gambut yang berarti sebagian besar terbentuk dengan sisa sisa bahan organik yang cukup tinggi dan banyak ya sahabat sawit.

Namun pada saat ini pembukaan lahan gambut mulai dikurangi mengakibatkan sering terjadi kebakaran, untuk itu saya sedikit menjelaskan tentang pengeolahan yang baik untuk tanaman kelapa sawit di areal gambut.

Pada saat ini saya tidak menganjurkan untuk membuka lahan pada lahan gambut tulisan ini sebagai bahan penambahan wawasan saja, nah untuk apa dan bagaimana pengelolaan yang dilakukan berikut ulasannya:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline