Lihat ke Halaman Asli

Irawan Abidin

Mahasiswa Pertanian

3 Teknik Replanting di Perkebunan Kelapa Sawit

Diperbarui: 4 September 2023   07:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Replanting Kelapa Sawit (Juprin S)

Tumbuhan kelapa sawit merupakan salah satu tumbuhan industry yang menghasilkan minyak nabati yang didapat dari daging buah (Mesokarp) dan kernelnya yang cukup besar di Indonesia.

Sebagai salah satu penghasil minyak nabati yang terbesar kelapa sawit juga sebagai salah satu komoditi yang seksi di Indonesia dimana peran penting kelapa sawit memiliki peran penting terhadap pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat dan penyumbang devisa negara.

penghasil devisa negara yang cukup besar Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor CPO Indonesia mencapai US$29,62 miliar pada 2022. Angka ini naik 3,56% dibanding tahun sebelumnya (year-on-year/yoy), sekaligus menjadi rekor tertinggi dalam sedekade terakhir (databook katadata co.id) 

Melihat keadaan yang seperti ini tentunya kelapa sawit menjadi perhitungan bagi negara secara sustainable untuk tetap konsisten serta menjaga keberlangsungan budidaya tanaman kelapa sawit.

Mengingat perkebunan kelapa sawit milik rakyat yang cukup besar yang ada di Sumatra khusus wilayah Riau dan Sumatera Utara sudah ssebagian ntuk melakukan pembenahan perkebunan kelapa sawit agar tetap menjadi produktif (Replanting)

Tanaman kelapa sawit jika sudah memasuki usia yang tua mulai usia 25 s.d 30 tahun di usia seperti itu tanaman kurang mulai produktif. Untuk itu harus dikelola secara konsisten nya dimana banyak pekerjaan-pekerjaan yang kurang kondusif seperti aktivitas panen dan kegiatan pemeliharaan.

Untuk itu perlu adanya peremajaan yang harus dilakukan untuk sustainable dari kelapa sawit namun apakah sudah tahu sahabat sawit apakah peremajaan kelapa sawit ini??

Peremajaan Kelapa Sawit ( Replanting)

Peremajaan kelapa sawit atau biasa di kenal sebagai replanting adalah salah satu aktivitas untuk mewujudkan keberlangsungan industri kelapa sawit serta untuk meningkatkan produktivitas hasil, tanpa membuka lahan baru.

Dengan pemahaman yang sederhana adalah menggantikan tanaman yang tua ataupun tidak produktif dengan tanaman yang baru agar lebih produktif untuk menghasilkan produksi atau buah dari kelapa sawit.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline