Lihat ke Halaman Asli

Ira Lathief

TERVERIFIKASI

A Friend for Everybody, A Story Teller by Heart

Kisah Inspiratif 2 Nenek Penganut Budha dari Jepara

Diperbarui: 22 Mei 2019   01:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Pribadi

Kenalkan, dua teman baru saya di Waisak Trip Borobudur, Mbah Paliyah dan Mbah Rukah adik kakak yang usianya hampir 80 tahun asal Jepara.

Keduanya adalah penganut agama Budha turun temurun sejak nenek moyang. Setiap perayaan Waisak , kedua Mbah ini yang tinggal di kaki gunung di Jepara, bersama ratusan anggota keluarganya 'turun gunung' untuk mengikuti perayaan Waisak di Borobudur.

Saya bertemu dan mengobrol dengan kedua mbah ini saat mengikuti prosesi arak arakan dari Candi Mendut ke Borobudur berjalan kaki sejauh 4 km tapi tanpa terlihat capek sama sekali. "Saya udah biasa tiap hari jalan jauh naik turun gunung, sambil gendong berkilo kilo ubi singkong , " kata Mbah Rukah......

Foto Pribadi

Mengenakan kebaya dan kain spt ini adalah pakaian sehari hari keduanya. "Saya ga pernah sekalipun pakai rok atau baju lain lain. Cuma kebaya dan kain saja dari muda sampai setua ini."  Saya ga bisa membayangkan gimana kedua mbah ini tiap hari naik turun gunung dengan berpakaian kebaya dan berkain spt ini. Luar biasa banget pasti staminanya....

Mbah Paliyah dan Mbah Rukah ini adalah contoh orang Jawa yang masih mempertahankan tradisi nenek moyang. Agama Budha di Jawa Tengah memiliki paling banyak pengikut di kota kota seperti Jepara, Wonosobo dan Temanggung, yang bertahan sejak seribu tahun lebih keberadaannya di nusantara.

Tanggal 19 Mei kemarin, umat Budha di seluruh dunia akan merayakan Hari Waisak. Dan perayaan Waisak di Borobudur adalah perayaan Waisak terbesar di dunia, dan banyak dihadiri oleh pelancong asing dari berbagai penjuru ...Selamat Hari Waisak untuk saudara saudariku yg merayakan, semoga semua makhluk berbahagia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline