Lihat ke Halaman Asli

Banjir di wilayah Indonesia

Diperbarui: 19 Agustus 2020   14:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Bencana banjir merupakan salah satu bencana yang sering terjadi Indonesia. pada umumnya banjir terjadi di musim hujan. Jadi pertanyaannya, apakah banjir  disebabkan oleh hujan atau karena ulah manusia sendiri? Kebenarannya, banjir disebabkan lebih banyak karena ulah manusia sendiri yang membuang sampah sembarang.

contohnya banjir sering terjadi di Jakarta. Karena Jakarta memiliki jumlah penduduk yang padat sehingga lahan menjadi sedikit. Banyak penduduk yang membangun perumahan dibantaran sungai/ kali jadi sebab itu lahan menjadi sempit. Selain itu, jumlah penduduk yang padat ada juga penduduk yang kurang menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Banyak dari penduduk yang membangun sampah sembarang disungai. Oleh karena itu sampah menjadi menumpuk dan saat hujan sampah akan meluap yang menyebabkan banjir.

Tetapi bukan hanya di Jakarta, banjir terjadi didaerah- daerah lainnya yang disebabkan serupa yang terjadi di Jakarta karena kurangnya rasa kesadaran. " Jadi, lebih baik kita mencegah daripada kita mengobati". Dan jangan menyalahkan banjir oleh pemerintah jika terjadi banjir lagi tetapi harus ada kesadaran diri setiap manusia dan jangan membuang sampah sembarang lagi pada musim kemarau karena akan menyebabkan banjir di musim hujan nanti.

By : Ira Yuni Astuti




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline