Lihat ke Halaman Asli

Ira Ardila

Mahasiswa

Konsep Dasar Literasi dan Miskonsepsi Literasi di Sekolah

Diperbarui: 19 Desember 2022   14:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bentuk literasi di sekolah (membaca bebas dan mandiri)/Dokumentasi pribadi

Apa yang kamu ketahui tentang literasi?

Apakah literasi itu membaca buku?

Membaca nyaring di depan kelas?

Membaca bersama sama?

Selebrasi foto bersama buku?

 Kebanyakan dari kita mungkin akan menjawab literasi adalah kemampuan membaca. Padahal literasi bukan hanya sekedar kemampuan membaca dan kebanyakan dari kita mengira bahwa literasi itu hanya berkutik pada buku atau media cetak lainnya.

Menurut ILA, 2016 Literasi adalah kemampuan untuk mengenali, memahami, menafsirkan, mencipta, mengomputasi, dan berkomunikasi menggunakan simbol visual, auditori, dan digital mengenai topik lintas disiplin dan keilmuan.

Dari definisi tersebut dapat kita pahami bahwa literasi bukan hanya kegiatan membaca, tapi juga memahami hingga dapat berkomunikasi melalui simbol visual, auditori, dan digital. Dan literasi bukan hanya bermodalkan buku, tapi literasi dengan menggunakan modal modal lain (multimodal). Misalnya saja dengan menggunakan media visual (yang dapat dilihat), auditori (yang dapat didengar), audio visual (dapat didengar dan dilihat), dan media digital lainnya.

Saat ini banyak sekali lembaga termasuk lembaga pendidikan yang melakukan gerakan literasi. Contoh gerakan literasi di sekolah yaitu:membaca 15 menit sebelum KBM, pojok literasi, membuat karya tulis, dan lain sebagainya. Patut diapresiasi gerakan literasi seperti ini untuk meningkatkan tingkat literasi Indonesia yang kita sedang berada di peringkat 62 dari 70 negara atau merupakan 10 negara terbawah dengan tingkat literasi yang rendah.

Miskonsepsi Literasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline