Lihat ke Halaman Asli

ira martiayu

Do not let your heart be trouble and do not be afraid

Pengabdian Masyarakat tentang Upaya Pencegahan Penyebaran Kuman Penyakit Infeksi pada Anak-Anak

Diperbarui: 21 Juli 2024   16:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Dalam rangka mencegah penularan dan penyakit infeksi pada anak-anak, khususnya anak sekolah, dosen dan mahasiswa Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan melakukan kegiatan pengabdian Masyarakat yang bertujuan untuk memberikan edukasi terkait penyebaran kuman dan cara mencegah penyebaran kuman. Kegiatan pengabdian ini didanai oleh Universitas Esa Unggul yang diketuai oleh Ira Marti Ayu, SKM., M.Epid. dengan anggota Decy Situngkir, SKM., M.KKK., dan Mayumi Nitami, SKM., M.K.M., serta melibatkan 5 orang mahasiswa dari Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Kegiatan dimulai dengan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak sekolah. Selanjutnya dilaksanakan kegiatan pengabdian masyakarat. Adapun kegiatan pengabdian masyarakat terdiri dari edukasi pengenalan kuman penyakit dengan menggunaan gambar dan edukasi berkaitan dengan cara kuman penyakit ditularkan/ disebarkan melalui tangan. Kegiatan ini diikuti secara antusias oleh siswa dan siswi. Hal ini terlihat dari keaktifan siswa dan siswa dalam mengikuti kegiatan dan pada sesi diskusi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2024 di salah satu SD di Kecamatan Paal Merah. Jumlah siswa yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 49 siswa.

Pada akhir kegiatan, tim pengabdian juga melakukan evaluasi kegiatan melalui penilaian pre-test dan post-test. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa dan siswi. Melalui edukasi ini, tim pengabdian masyarakat berharap agar siswa-siswi dapat melakukan upaya pencegahan penyebaran penyakit sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit infeksi di sekolah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline