Lihat ke Halaman Asli

Pengabdian Kepada Masyarakat, Pengembangan Budi Daya Jamur Tiram Di Kelurahan Pakistaji

Diperbarui: 8 September 2023   10:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelatihan Olahan Jamur Tiram

PENGEMBANGAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM DI KELURAHAN PAKISTAJI

Dalam rangka pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, Universitas Panca Marga melakukan pengabdian masyarakat melalui dosen dosennya. Pengabdian masyarakat ini dibiayai oleh KEMDIKBUDRISTEK pada pendanaan tahun 2023. Dosen Universitas Panca Marga Tri Prihatiningsih selaku ketua pengabdian dibantu oleh Mimik Zuhro dan Ira Aprilia mengambil judul pengabdian “PMP Menangkap Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram untuk Peningkatan Ekonomi Rumah Tangga di Kelurahan Pakistaji Probolinggo”. Tujuan Kegiatan pengabdian masyarakat  pada ruang lingkup Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) ini,  yang pertama untuk memberdayakan kelompok masyarakat yang belajar berwirausaha pada usaha budidaya jamur sebagai peluang bisnis untuk peningkatan ekonomi rumah tangga. Tujuan kedua untuk memanfaatkan lahan kosong milik mitra untuk diberdayakan menjadi aset yang bernilai ekonomi dengan usaha budidaya jamur, sekaligus mendukung program ketahanan pangan dengan mengembangkan hasil panen jamur sebagai makanan olahan yang bervariatif. Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan adalah melakukan koordinasi dengan mitra yang menjadi sasaran, memberikan pelatihan bagaimana budidaya jamur tiram. Rangkaian kegiatan pengabdian lainnya yaitu  memberikan pelatihan hasil olahan jamur kepada kelompok mitra tersebut. Selain pelatihan ditujukan kepada mitra kelompok, beberapa kader karang kitri dari Kelurahan Pakistaji juga dihadirkan. Hal ini dilakukan agar hasil pengabdian ini lebih luas cakupannya, tidak hanya terbatas pada mitra pengabdian saja tetapi lebih luas ke masyarakat umum.

Kelompok masayarkat yang menjadi Mitra adalah warga di Kelurahan Pakistaji yang terdiri dari 3 warga yaitu ; Supardi, Yoyok, dan Budi. Warga tersebut mempunyai keinginan mengembangkan budidaya jamur, tetapi mempunyai beberapa kendala. Kelompok masyarakat ini, ingin mempelopori usaha budidaya Jamur Tiram dengan harapan kegiatan budidaya Jamur Tiram ini dapat berkembang dan menjadi percontohan bagi masyarakat sekitar. Permasalahan Pertama pengetahuan Mitra yang belajar berwirausaha masih kurang dalam cara perhitungan usaha budidaya jamur tiram secara ekonomi, sebagai peluang bisnis yang mampu meningkatkan ekonomi rumah tangga. Permasalahan kedua Lahan kosong milik mitra belum diberdayakan sebagai sarana usaha yang bernilai ekonomi. Permasalahan ketiga Mitra belum mempunyai kemampuan untuk mengembangkan hasil panen untuk olahan pangan yang bervariatif. Oleh karena itu Tim Pengabdian dari Universitas Panca Marga mengajukan pendanaan tahun 2023 ke KEMDIKBUDRISTEK melalui skema Pemberdayaan Berbasis Masayarakat (PBM).  Dengan pendanaan dari KEMDIKBUDRISTEK tahun 2023 ini, akhirnya harapan dari mitra bisa terwujud dan proses budidaya jamur akhirnya terwujud. Di Kelurahan Pakistaji  yang sebelumnya belum ada petani budidaya jamur, sekarang sudah ada kelompok pioner yang mengembangkan Jamur tiram. Tidak hanya budidaya saja, tetapi juga mengembangkan usaha dalam pengolahan hasil panen jamur.

Tim pengabdian berharap mitra kelompok ini dapat menyebarkan ilmunya kepada masayrakat sekitar dan pada suatu saat Kelurahan Pakistaji bisa menjadi sentra usaha budidaya jamur dan olahannya. Terima kasih kepada DRPM KEMDIKBUDRISTEK atas pendanaan tahun 2023 pada skema PMP yang berguna secara nyata bagi peningkatan pengetahuan dan perekonomian masyarakat khususnya di Keluarah Pakistaji Kota Probolinggo Jawa Timur. Foto Foto kegiatan adalah sebagai berikut.

Pelatihan Budi Daya Jamur Tiram

Budi Daya Jamur Tiram




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline