Lihat ke Halaman Asli

IRAWATY

Mahasiswa S1 Psikologi Mercu Buana NIM 46122120044

Mitos Logos : Good Business - Good Ethics; atau Good Ethics Good Business pada Bisnis HeyGalla

Diperbarui: 14 Desember 2023   22:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Penulis

 

Sumber : Penulis

Sumber : Penulis

Analisis komparatif kritis Mitos Logos: Good Business-Good Ethics atau Good Ethics-Good Business pada Proposal Bisnis UMKM HeyGalla

Mitos Logos Bisnis menyajikan dua konsep utama dalam dunia bisnis, yaitu Bisnis Amoral dan Bisnis Immoral. Konsep ini dihadirkan oleh para etikawan terkemuka seperti Richard T De George, James McKie, Milton Friedman, dan Peter Drucker. Mari kita membahas kedua mitos tersebut secara lebih rinci:

1. Bisnis Amoral:

Bisnis Amoral adalah pandangan bahwa berbisnis secara amoral (tidak bersentuhan dengan moralitas) adalah hal yang sah. Menurut mitos ini, tujuan utama bisnis adalah maksimalisasi keuntungan, dan para pelaku bisnis tidak berkewajiban mempertimbangkan aspek moral secara eksplisit dalam keputusan bisnis mereka.

Alasan Logis:

Maksimalisasi Keuntungan: Pandangan ini menyatakan bahwa tujuan utama bisnis adalah mencapai keuntungan sebesar-besarnya (The business of business is the business itself).

Tidak Ada Kewajiban Moral: Para pelaku bisnis tidak diwajibkan mempertimbangkan aspek moral secara eksplisit, dengan alasan bahwa fokus utama adalah keuntungan.

Analisis:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline