Lihat ke Halaman Asli

Iqlima Rahmawati

Mahasiswa Penerima KIP Kuliah 2021 | | STP Trisakti | | S1 Pariwisata

Service atau Pelayanan

Diperbarui: 19 Februari 2022   12:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian Service/Pelayanan 

Service/Pelayanan didefinisikan sebagai suatu tindakan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan tingkat kepuasanya hanya dapat dirasakan oleh yang melayani dan yang dilayani. 

Keterampilan Pelayanan (Sevice Skill)

Ciri-ciri:

  • Sebagai problem solver
  • Harus bersikap supportive
  • Dapat menunjukan perhatian, upaya melayani- caring.
  • Fokus pada pelanggan atau tamu 

Tingkatan Service

  1. Excellent service; standart pelayanan yang harus diberikan
  2. Experiential Service, pelayanan yang memberikan pengalaman baru dalam mengonsumsi atau memakai produk dan jasa 
  3. Transformational Service, jasa pelayanan mengubah seseorang dengan berkreasi dan men-transform sesuatu atau yang bernilai.

Salah satu unsur penting dalam service.

COURTESY ( adab sopan santun), adalah suatu perlakuan yang baik kepada seseorang (tamu/relasi/customer) guna menyenangkan mereka agar mereka puas dengan pelayanan yang diberikan. 

Tujuan : Pelanggan/customer sukarela memilih produk/jasa kita dengan sukarela dan menjadi repeater. 

COURTESY (Implementasi Pelayanan )

  • Attentive (penuh perhatian)                                                                                                                                                                                        Konsentrasi penuh pada seseorang yang sedang dilayani dan menunjukan sikap bertindak cepat dalam melakukan pekerjaan.
  • Helpful (penuh pertolongan)                                                                                                                                                                                    Menawarkan bantuan (sukarela) dalam bentuk kemudahan informasi, bantuan fisik dan sebagainya yang bermanfaat.
  • Considerate (tenggang rasa)                                                                                                                                                                                      Menunjukan sikap empati terhadap kepuasan orang lain.
  • Polite (sopan)                                                                                                                                                                                                   Bersikap/bertingkah laku dengan baik dan menyenangkan. Mengunakan kata-kata baik, seperti selamat pagi, terima kasih, saya mohon maaf, maafkan saya, dan lain sebagainya.
  • Respectful (peduli)                                                                                                                                                                                                      Menggunakan penggilan hormat kepada seseorang secara betul dan sesuai dnegan kedudukan. Seperti; Mr, Mrs, Ms, Ny, Sdr, atau Sir, Madam, Miss, Mentri, Gubernur, dan lain sebagainya. 

Perilaku Utama Meningkatkan Pelayanan 

Dibagi menjadi 2 yaitu 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline