Lihat ke Halaman Asli

Magang Wirausaha Merdeka, Kelompok 31

Diperbarui: 4 Desember 2023   16:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diva Digital/dokpri

WMK (wirausaha Merdeka) Batch 2 2023 merupakan salah satu program MBKM yang diselengarakan oleh pemerintah di seluruh kampus baik di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta yang ada di indonesia. Wirausaha Merdeka Untag Surabaya dengan mengusung tema "Empowering Ecopreneur for A Sustainable Future diharapkan para peserta Wirausaha Merdeka (WMK) bisa berinovasi dan menciptakan solusi kreatif dan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan permasalahan lingkungan.

Peserta WMK UNTAG 2023 ini di ikuti dari berbagai mahasiswa yang ada di indonesia, seperti Surabaya, Sidoarjo, Sumatera, Jambi, Nganjuk, Malang, dll. Kegiatan ini dimulai dari bulan Agustus - November 2023. Disini para peserta akan mendapatkan berbagai ilmu dari orang-orang hebat, relasi pertemanan, dan juga melakukan magang di UMKM. Para peserta wmk untag akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok memiliki 5 orang anggota

dokpri

Pada hari kamis, 21 September 2023 kami dari kelompok 22 & 31 WMK UNTAG Surabaya memulai hari pertama magang yang bertempat pada Diva Digital yang berlokasi di Jl. Bawean No.10, Binangun Indah, Wadungasih, Kec. Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Diva Digital adalah sebuah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berfokus pada penyediaan solusi pemasaran digital. Dengan visi untuk membantu bisnis kecil dan menengah tumbuh melalui strategi pemasaran modern, Diva Digital memiliki tim yang berkomitmen untuk meningkatkan visibilitas dan pengaruh online klien-klien mereka.

Pada saat magang di Diva Digital para mahasiswa WMK UNTAG Surabaya memperoleh banyak sekali ilmu digital marketing yang sangat berguna untuk meningkatkan keahlian mereka dalam pemasaran digital, yang dimana para mahasiswa magang diberi ilmu seperti tentang :

Dasar-dasar Digital Marketing:
Definisi dan konsep dasar digital marketing.
Perbedaan antara pemasaran tradisional dan digital.
Peran dan manfaat pemasaran digital dalam strategi bisnis.

Search Engine Optimization (SEO):
Pengenalan tentang bagaimana mesin pencari bekerja.
Strategi SEO untuk meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian.
Penerapan praktik SEO on-page dan off-page

Social Media Marketing:
Pentingnya kehadiran di platform sosial.
Strategi pemasaran di berbagai platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn.
Pembuatan dan manajemen konten sosial yang efektif.

Content Marketing:
Konsep dasar dan strategi content marketing.
Pembuatan konten yang relevan dan menarik.
Distribusi dan promosi konten untuk mencapai target audiens.

Analitika Web:
Penggunaan alat analitika web seperti Google Analytics.
Interpretasi data untuk mengukur kinerja situs web.
Mengoptimalkan strategi berdasarkan informasi analitik

E-commerce Marketing:
Strategi pemasaran khusus untuk bisnis e-commerce.
Pengoptimalan halaman produk dan keranjang belanja.
Retargeting dan strategi konversi e-commerce.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline