Lihat ke Halaman Asli

Iqbal Lombok

Berusaha memberi manfaat bagi peradaban

Garuda Muda, Berkelanalah...

Diperbarui: 7 Januari 2020   06:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Salam Olah Raga..

Tahun baru telah tiba

Musim baru telah menjelang

Kompetisi dalam negeri telah usai di akhir tahun kemarin, dengan menghasilkan Bali United sebagai Jawara. Pun perhelatan Sea Games Philipina telah usai, dimana timnas sepak bola kita meraih medali Perak, dengan salah satu pencapaian terbaiknya adalah mengalahkan sang raja Asia Tenggara, yakni Thailand dengan skor 2-0 di babak penyisihan.

Musim Kompetisi baru telah menjelang - di dalam negeri, maupun di beberapa negara Asia lainnya- , yang beriringan dengan musim bursa jual beli pemain, Dan ini juga merata di seluruh antero jagad sepakbola. Saat dimana semua klub mengeevaluasi skuad yang ada, menambal yang kurang serta memperkuat lagi kedalaman lini per lini.

Banyak rumor dan isu terkait bursa transfer kali ini yang mengaitkan anggota skuad Garuda Muda dengan beberapa klub Mancanegara, semacam Withan Sulaeman, Saddil Ramdhani, Osvaldo Haay, Ricky Fajrin, Evan Dimas dan lainnya. Hingga yang sudah Pasti adalah Yanto Basna yang telah resmi bergabung dengan klub anggota Liga Thailand.

Penulis sangat mendukung agar para pemain muda kita berkarir di Luar negeri yang memiliki level kompetisi lebih baik dan lebih ketat dari kompetisi dalam negeri, karena akan memberikan dampak positif bagi pendapatan, pengalaman serta bagi peningkatan kemampuan tehnik, fisik serta mental mereka. 

Mereka akan terbiasa dengan tekanan dari pelatih, supporter serta managemen klub asing tersebut, mereka juga akan terbiasa dengan attitude yang baik terhadap wasit dan peragkat pertandingan lainnya, mereka juga akan belajar tentang taktik dan strategi baru yang diterapkan oleh sang pelatih, serta mereka akan terbiasa untuk berkompetisi menembus skuad inti klub terebut.

Tak perlu terlalu jauh jika memang belum bisa tembus klub di Eropa, bergabung di Liga Thailand & Liga Australia ( di asia Tenggara), atau di Liga Jepang serta Korsel adalah satu pencapaian yang realistis, sebelum menembus Liga liga di Eropa. 

So... para garuda muda.. berkelanalah ke antero dunia, masamu masih panjang, perbanyaklah pengalamanmua, asahlah diluar sana.. kembalilah disaat Garuda Memanggil

Wassalaam




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline