Lihat ke Halaman Asli

Tanggung Jawab...?

Diperbarui: 24 Juni 2015   14:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Menurut kamus besar bahasa Indonesia Tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab merupakan berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya sebagai kesadaran dan kewajibannya.Tanggung jawab adalah ciri manusia beradab (berbudaya). Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik, atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengabdian dan pengirbanannya. Untuk memperoleh atau meningkatkan kesadaran bertanggung jawab perlu ditempuh usaha melalui pendidikan penyuluhan, keteladanan, dan takwa kepada Tuhan

menurut saya, setiap manusia pasti memiliki tanggung jawab. tanggung jawab pun berbagai macam bentuknya. ada yg tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung jawab terhadap TUHAN dan agamanya, tanggung jawab terhadap sosial, keluarga dan lain sebagainya.
namun, ada beberapa orang yang menyepelekan tanggung jawabnya ini sehingga terkesan ia memiliki sifat yang tidfak bertanggung jawab. apabila kita dapat bertanggung jawab artinya kita sudah mampu untuk dewasa, berpikir logis dan positif. sehingga efek dari tidak bertanggung jawab itu akan dirasakan oleh diri sendiri dan orang di sekitar kita. maka dari itu segala sesuatu yang kita lakukan haruslah diiringi dengan tanggung jawab.
kita sebagai manusia harus memanfaatkan kelebihan yang di berikan oleh tuhan ini secara sebaik mungkin, syukuri sifat sifat yang telah tuhan beri, maka hidup kita insya allah akan di berkahi ole ALLAH subhanahuwata ‘ala. amin.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline