Lihat ke Halaman Asli

Mochamad iqbalfarouq

Seorang sukses di waktu nanti

Mengenal Lebih Dalam tentang Latih Vokal Teater

Diperbarui: 2 Juli 2023   21:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Vokal merupakan bagian yang sangat penting dalam dunia teater karena digunakan sebagai alat komunikasi antar sesama aktor saat di atas panggung, dialog menjadi pemicu konflik atau peristiwa yang dimainkan di atas panggung, puisi yang menjadi naskah teater, akan diperankan oleh seorang aktor sama dengan peristiwa yang hampir persis sama dengan kejadian di dunia nyata, karena dalam bermain teater terdapat dialog maka pesan yang disampaikan oleh seorang aktor sama dengan peristiwa yang hampir sama persis dengan Vocal (bunyi) adalah salah satu alat musik pertama yang diciptakan manusia. 

Fondasi musik untuk semua media musik lainnya adalah suara manusia. Yang paling banyak ada di musik vokal.berasal dari tubuh manusia itu sendiri.

Teknik Vokal vokal yang dapat menyampaikan ide-ide music secara tepat dan indah, dan juga merupakan suatu kegiatan berolah suara, sebagai media untuk mengekspresikan nilainilai keindahan dengan musical, yaitu dengan memperhatikan bagian  dari teknik vokal seperti: pernafasan, pembentukan suara, artikulasi, frasering dan penjiwaan.

1.Pernapasan

Didalam bermain teater, vokal adalah unsur penting didalam kegiatan seni

teater, Ada tiga jenis pernapasan yang dikenal selama ini. Pernapasan Dada, pernapasan Perut, dan pernapasan Diafragma.

2.Artikulasi

Seorang aktor harus melatih artikulasinya dengan teknik-teknik yang benar, dan berfungsi agar pada saat melakukan pengucapan persuku kata tidak kaku, karna sudah dilatih menurut standar latihan artikulasi berteater. artikulasi adalah kejelasan ucapan, persuku kata

3.Gestikulasi adalah suatu cara untuk memenggal kata dan memberi tekanan

pada kata atau kalimat pada sebuah dialog,seperti artikulasi, gestikulasi merupakan bagian dari dialog, hanya saja fungsinya yang berbeda. gestikulasi adalah cara memenggal kata. 

4.Intonasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline