Lihat ke Halaman Asli

Tips Menjadi News Anchor yang Baik dan Benar

Diperbarui: 17 Oktober 2020   22:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.polarview.net

News Anchor, sebelum kita mengetahui tips-tips menjadi news anchor yang baik dan benar kita juga harus mengerti apa itu news anchor. News anchor adalah jurnalis televisi atau radio yang membawakan materi berita, dan sering terlibat memberikan improvisasi komentar dalam siaran langsung. Istilah ini utamanya dipakai di Amerika Serikat dan Kanada. Banyak news anchor terlibat dalam penulisan dan/atau penyuntingan berita bagi program mereka sendiri. News anchor juga mewawancara narasumber di studio atau memandu program diskusi. Banyak juga yang menjadi komentator dalam berbagai program berita

Istilah anchor (juga anchorperson, anchorman, atau anchorwoman) diperkenalkan oleh produser CBS News Don Hewitt. CBS pertama kali memakainya pada 7 Juli 1952 untuk menjelaskan peran penyiar Walter Cronkite pada saat Konvensi Nasional Partai Demokrat dan Republik.

Tips menjadi news anchor yang baik dan benar mulai dari tahap persiapan hingga pengambilan gambar, sebagai berikut :

1. Pastikan jangan sampai dating terlambat dan lakukan persiapan sebelum memulai siaran dengan cara mencari tau berita apa yang akan disampaikan nantinya agar berita itu bisa tersampaikan secara maksimal.

2. Bicara dengan suara yang jelas dan tegas agar para penonton atau audience dapat menangkap apa yang disampaikan kepada mereka

3. Perhatikan posisi tangan saat melakukan siaran, dan tergantung membawakan berita apa yang akan disampaikan mungkin saja berita bahgia, berita yang sedih, maupun berita yang serius.

4. Pakai intonasi nada yang bersifat netral, news anchor tidak boleh mengeluarkan nada yang seakan memihak kepada salah satu tokoh yang akan disampaikan beritanya tersebut.

5. Mimik wajah harus sesuai dengan berita yang disampaikan.

 Nah, berikut merupakan tips menjadi news anchor yang baik dan benar. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline