Lihat ke Halaman Asli

Achmad Iqbal Barkah

Mahasiswa IAIN Jember

Pengertian Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Pemikiran Tokoh-tokohnya

Diperbarui: 22 Mei 2020   06:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Disini saya akan menjelaskan tentang pengertian filsafat pendidikan Perenialisme dan pemikiran tokoh-tokoh filsafat pendidikan perenialisme. berikut ini penjelasan materi tersebut :

A.) Pengertian Filsafat Pendidikan Perenialisme 

Filsafat Perenialisme adalah sebuah aliran filsafat yang dimana aliran tersebut memiliki suatu kesatuan yang utuh dan di dalam nya mempunyai pemikiran yang mempengaruhi seseorang untuk bersikap tegas dan lurus. Tugas utama dari filsafat perenialisme disini ialah mencari dan menemukan arah tujuan yang jelas. Jadi, dapat disimpulkan bahwa aliran ini bersikap tegas dan lurus artinya seseorang dalam menentukan tujuan harus jelas.

B.) Pemikiran Tokoh-tokoh Filsafat Pendidikan Perenialisme 

Berikut ini merupakan tokohtokoh perenialsime beserta pemikirannya :

1. Robert Maynard Hutchins

Ia mempunyai sebuah pendapat bahwa pendidikan yang benar dan baik dikatakan sebagai pendidikan ialah pendidikan yang bisa mengembangkan kecerdasan intelektual pada siswa. Ia menyatakan bahwa pendidikan sangat dibutuhkan sejak lahir sampai mati oleh karena itu kemudian ia menjelaskan bahwa pendidikan bukan untuk sebuah kepentingan mendesak, khusus dan juga bukan merupakan proposionalnya saja. Jadi, pada intinya disini pendidikan selamanya akan dibutuhkan dalam kehidupan.

2. Ortimer Adler 

Ia menyatakan bahwa manusia adalah makhluk yang bersifat rasional dan pada dasarnya sifat ini akan selalu melekat pada manusia selamanya sejak lahir hingga mati. Manusia adalah makhluk yang mempunyai kemampuan intelektual yang sudah tampak di dalam dirinya. Manuisa bisa berbicara, menulis, dan membaca karenanya di dalam diri manusia tersebut memiliki suatu kecerdasan, keaktifan, dan kreatif dalam melakukan suatu hal dalam hidupnya.

3. Jown Dewy

ia berpendapat bahwa filsafat mempunyai tugas utama yakni memberikan pengarahan untuk menciptakan perubahan dalam kehidupan. Memberikan pengarahan dalam kehidupan disini dapat diartikan saat seseorang melakukan pendidikan seorang guru akan memberikan bimbingan dan mengarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline