Lihat ke Halaman Asli

Achmad Iqbal Barkah

Mahasiswa IAIN Jember

Pengertian Filsafat Pendidikan Progresivisme dan Pemikiran Tokoh-tokohnya

Diperbarui: 8 Mei 2020   22:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Disini saya akan membahas materi tentang pengertian filsafat pendidikan progresivisme dan pemikiran tokoh-tokoh filsafat pendidikan progresivisme. Berikut penjelasannya :

A.  Pengertian Filsafat Pendidikan Progresivisme

Progresivisme dapat diartikan sebuah kemajuan atau dapat dikatakan sebagai aliran yang menhgarapkan sebuah perubahan dan membuat kemajuan di dalam pendidikan. Aliran ini merupakan aliran filsafat modern. Progresivisme berdiri pada tahun 1918 yang dimana didirikan oleh suatu gerakan dan perkumpulan.  Aliran mempunyai pendapat  bahwa pengetahuan yang benar pada masa kini mungkin tidak benar pada masa mendatang. Menurut aliran ini nilai berkembang terus karena adanya pengalaman-pengalaman baru antara individu dan nilai yang telah disimpan dalam kebudayaan dan belajar berfungsi untuk mempertinggi taraf kehidupan sosial yang sangat kompleks. Progresivisme mengajukan agar Pendidikan diarahkan pada pembentukan anak didik responsive terhadap segala kemajuan ilmu pengetahuan.

B. Pemikiran Tokoh-tokoh Filsafat Pendidikan Progresivisme

berikut ini merupakan tokoh-tokoh sekaligus pemikiran filsafat pendidikan progresivisme , antara lain :

1. George Extelle

Ia memiliki pikiran yaitu sebuah Pendidikan itu dapat dijadikan atau berfaedah sebagai fungsi sosial di dalam sebuah masyarakat. Karena dengan Pendidikan masyarakat akan lebih mengerti dalam pentingnya bersosial dengan sesama masyarakatnya. Demikian juga dengan adanya Pendidikan itu pula akan diajarkan cara bersosial yang baik dan memiliki interaksi yang baik antarsesama.

2. William O Stanley

Ia memliki sebuah pemikiran yaitu yang dapat berperan dalam menentukan sebuah nilai itu bukanlah orang lain, melainkan yang dapat menentukan nilai tersebut adalah diri kita sendiri atau individu itu sendiri. Menurut ia keberadaan sebuah nilai sangat penting.

3. Ernest Begley

Tokoh ini berpendapat bahwa dengan metode ilmiah manusia dapat menyelesaikan sebuah permasalah apaun yang muncul dalam kehidupanna atau kehidupan orang lain. Dan dengan menggunakan kecerdasannya manusia dapat belajar dan berusaha untuk mengembangkan lingkungannya dengan sempurna.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline