Lihat ke Halaman Asli

Achmad Iqbal Barkah

Mahasiswa IAIN Jember

Pengertian Filsafat Pendidikan Eksistensialisme dan Pemikiran Tokoh-tokohnya

Diperbarui: 1 Mei 2020   07:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Disini saya akan membahas materi tentang pengertian Filsafat Pendidikan Eksistensialisme dan Pemikiran Tokoh-tokoh Filsafat Pendidikan Eksistensialisme. Berikut ini penjelasan mengenai materi tersebut :

1. Pengertian Filsafat Pendidikan Eksistensialisme

Eksitensialisme merupakan suatu aliran yang dapat dikategorikan sebagai aliran filsafat modern. Eksistensialisme mempunyai pandangan yaitu hakikat manusia merupakan suatu eksistensi yang dimiliki oleh manusia itu sendiri tidak dari orang lain. Hakikat manusia disini dapat dipahami sebagai semua apa yang menguasai manusia itu secara menyeluruh. Artinya disini manusia dipandang dari segi eksistensinya di dunia bukan dipandang dari segi zat atau ruh.

2. Pemikiran Tokoh-tokoh Filsafat Pendidikan Eksistensialisme

Berikut ini merupakan tokoh-tokoh dari filsafat pendidikan eksistensialisme

a. Jean Paul Satre

Ia lahir di Paris, Prancis 21 Juni 1905. ia memiliki pemikiran yaitu eksitensi terlebih dulu ada dibandingkan dengan esensi yaitu dapat diartikan manusia akan memiliki esensi jika ia telah menjadi eksis terlebih dahulu, kemudian suatu esensinya akan muncul ketika manusia itu telah mati.

b. Soren kierkegraad

Ia memiliki suatu pemikiran yang dimana pemikirannya terpusat pada sebuah kritik formalitas agama yang terletak di Denmark. Ia memiliki karya-karya yang membahas hakikat iman, lembaga gereja Kristen, Teori-teori teologi Kristen, dan emosi serta perasaan individu ketika berhadapan dengan pilihan-pilihan eksistensial.

c. Martin Buber

Ia menyatakan bahwa eksistensialisme merupakan suatu nilai eksistensi manusia yang tidak murni dari individu semata dan ia memiliki suatu pemikiran yang tertuju pada pengembangan hubungan pemahaman dan juga metode dialog perjumpaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline