Lihat ke Halaman Asli

Iqbal Alfajri

Filmmaker

Renungan 9 Ramadan: Muhasabah

Diperbarui: 20 Maret 2024   23:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bulan Ramadan memberi banyak kesempatan untuk merenung. (Dok. pexels)

Muhasabah adalah introspeksi atau perhitungan dan bertanya kepada diri sendiri. Bagi seorang mukmin di bulan Ramadan ini adalah salah satu momen untuk meninjau kembali amalnya, baik berupa kebaikan maupun keburukan.

Ia akan beryukur atas kebaikan-kebaikan yang pernah diperbuat dan beristighfar atas keburukan-keburukan yang telah terjadi. Hingga kemudian ia bertobat dan bertekad memperbaiki semua kesalahan dan kekeliruan tersebut.

Berdasarkan hal itu, maka muhasabah dapat dianggap sebagai suatu tekad dan upaya sungguh-sungguh yang sangat penting bagi aktualisasi diri manusia. Seperti yang dulu pernah dicontohkan oleh para sulufussalih yang selalu mencatat semua perbuatan harian serta perkembangan amal mereka.

Kita juga dapat mendefinisikan muhasabah sebagai tindakan seseorang untuk mengetahui berbagai sisi dirinya sendiri. Berupa sisi-sisi laduniyah yang ia miliki, kedalaman batinnya, dan keluasan jiwanya.

Muhasabah sesungguhnya adalah evaluasi yang dilakukan seseorang terhadap kondisinya saat ini. Bisa berupa kesiapan menghadapi masa depan, kemampuan menghindari berbagai kesalahan yang dilakukannya di masa lalu, hingga penyucian diri dari semua kesalahan itu dengan memohon perkenan Allah Swt.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline