Lihat ke Halaman Asli

Urgensi Integrasi Nasional Indonesia

Diperbarui: 2 November 2023   19:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

URGENSI INTEGRASI NASIONAL

Integrasi terdiri dari dua kata yaitu integrasi dan nasional. Integrasi berasal dari kata bahasa Inggris "integrate"; yang berarti menyatukan, mempersatukan atau mempersatukan dan kata nasional juga berasal dari  bahasa Inggris "nation" yang berarti bangsa. Integrasi nasional merupakan upaya atau proses untuk mengatasi perbedaan-perbedaan  dalam suatu negara guna menciptakan keharmonisan dan keharmonisan nasional. Integrasi nasional memiliki urgensi yang sangat penting untuk menjaga persatuan dan stabilitas suatu negara. Ini melibatkan penyatuan beragam elemen masyarakat, budaya, dan wilayah dalam satu entitas negara. Beberapa urgensi integrasi nasional termasuk:

Mempertahankan kedaulatan: integrasi nasional membantu dalam menjaga kedaulatan negara dengan mengurangi potensi perpecahan atau disintegrasi.

Meningkatkan stabilitas: dengan mengurangi konflik internal dan ketegangan antar kelompok, integrasi nasional dapat meningkatkan stabilitas politik dan sosial. Mendorong pembangunan ekonomi: integrasi nasional memungkinkan negara untuk mengkoordinasikan upaya pembangunan ekonomi yang lebih efisien. Meningkatkan identitas nasional: ini membantu dalam memperkuat dan memelihara identitas nasional serta rasa kebanggaan warga terhadap negara mereka. Memperkuat hubungan antarwilayah: integrasi nasional mempromosikan kerjasama dan solidaritas antar berbagai wilayah di dalam negara. Meningkatkan keamanan: dengan mengurangi konflik internal, integrasi nasional dapat membantu meningkatkan keamanan nasional.

Oleh karena itu, integrasi nasional adalah aspek penting dalam memastikan kelangsungan dan keberhasilan suatu negara.

 Oleh karena itu, secara kebahasaan dapat dikatakan bahwa integrasi nasional adalah penyatuan suatu bangsa sedemikian rupa sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh dan utuh.

SIFAT DAN DESKRIPSI CEPAT  INTEGRASI

 

 Masyarakat yang terintegrasi dengan baik adalah harapan setiap negara. Sulit untuk bergerak maju di negara yang masih dilanda konflik. Integrasi nasional diperlukan untuk mewujudkan jati diri bersama, memperkuat jati diri bangsa, dan mewujudkan persatuan nasional.

 Pengembangan integrasi dapat dilaksanakan melalui lima strategi, yaitu:

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline