Lihat ke Halaman Asli

Andi

SEO Specialist and Writing Enthusiast

Mengatasi Tantangan Persaingan Kata Kunci dalam Strategi SEO

Diperbarui: 25 Juli 2024   08:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Designed by Freepik

SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu aspek terpenting dalam pemasaran digital. Salah satu elemen krusial dalam SEO adalah pemilihan kata kunci yang tepat.

Saat melakukan riset kata kunci, ada banyak sekali parameter yang harus kamu pertimbangkan. Salah satunya yaitu tingkat kompetisi kata kunci atau persaingan kata kunci.

Memahami hal ini sangat penting agar kita bisa memilih kata kunci yang relevan sekaligus memungkinkan situs kita untuk bersaing di mesin pencari.

Apa Itu Persaingan Kata Kunci?

Persaingan kata kunci atau kompetisi kata kunci adalah konsep yang menggambarkan peluang sebuah konten mampu ranking di hasil pencarian (SERP).

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, memahami konsep ini sangat penting karena dapat membantu kita dalam menentukan keyword apa yang relevan dan membuat situs kita dapat bersaing di mesin pencari.

Makin tinggi tingkat kompetisinya, makin sulit pula bagi sebuah situs untuk mampu ranking di hasil pencarian.

Mengapa Mengetahui Persaingan Kata Kunci Penting?

  • Menentukan Prioritas: Dengan mengetahui kata kunci mana yang lebih mudah diranking, kita bisa fokus pada kata kunci tersebut.

  • Optimasi Anggaran: Investasi pada kata kunci dengan tingkat kesulitan yang lebih rendah dapat memberikan ROI yang lebih tinggi dibandingkan berfokus pada kata kunci yang sangat kompetitif.

  • Strategi Jangka Panjang: Kata kunci dengan tingkat kesulitan tinggi mungkin tidak memberikan hasil instan, namun bisa menjadi target jangka panjang dengan strategi konten yang tepat.

Faktor dalam Menentukan Persaingan Kata Kunci 

Ada beberapa faktor yang bisa kamu pertimbangkan dalam menentukan kompetisi kata kunci, yaitu:

1. Hasil Riset di SEO Tools dan Kompetitor

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan SEO tools. Ada beberapa tools seperti Ubersuggest, Ahrefs, Semrush, dan Mangools sebagainya yang bisa kamu pakai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline