Lihat ke Halaman Asli

Arta Yasa

Mahasiswa

Mahasiswa UB Kenalkan Potensi Desa Samar Melalui Pameran Bertajuk Gelanggang Olah Karsa

Diperbarui: 16 Agustus 2023   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Penulis

Mahasiswa Universitas Brawijaya yang tergabung dalam Kelompok 516 Mahasiswa Membangun Desa (MMD) telah sukses mengadakan kegiatan pameran potensi Desa Samar bernama "Gelanggang Olah Karsa" pada tanggal 28 Juli 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Samar mulai dari siang hingga malam hari. Gelanggang Olah Karsa merupakan salah satu rangkaian kegiatan MMD yang berfokus untuk menggali potensi desa dengan mengenalkan serta memaparkan cara memaksimalkan potensi yang ada di Desa Samar tersebut. 

Sekilas mengenal Desa Samar, desa ini terletak di Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung. Desa Samar dihuni oleh 3.992 jiwa dengan rata-rata mata pencaharian sebagai peternak sapi perah dan petani. Salah satu potensi unggulan yang terdapat di Desa Samar yaitu susu sapi dikarenakan sebagian besar masyarakatnya beternak sapi perah. Selain susu sapi, Desa Samar juga memiliki rempah-rempah berkualitas dan hasilnya melimpah setiap tahunnya. Potensi sumber daya alam tersebut diimbangi dengan keindahan alam yang asri dengan sumber mata air melimpah.

Sumber: Penulis

Melihat potensi tersebut, Mahasiswa Membangun Desa Universitas Brawijaya mencoba menggali pemanfaatan potensi Desa Samar. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan membuat beberapa produk unggulan desa seperti wedang uwuh dan youghurt. Produk tersebut kemudian dikemas dan diberi label yang sesuai dengan citra produk. Selain membuat produk, Mahasiswa MMD juga mencoba mengolah limbah organik yang ada di sekitar lingkungan masyarakat. Salah satu aktivitas yang dilakukan yaitu membuat alat komposter sederhana dengan memanfaatkan ember tumpuk dan membuat alat fermentasi eco enzyme. 

Untuk menunjang administrasi desa upaya yang dilakukan yaitu dengan membantu perangkat desa dalam pembaruan administrasi dan bagan kelembagaan di Desa Samar. Sedangkan mahasiswa yang berlatar belakang desain mencoba untuk membuat identitas karang taruna dengan membantu pembuatan logo karang taruna desa.

Seluruh aktivitas tersebut dipamerkan pada rangkaian acara "Gelanggang Olah Karsa" di Balai Desa. Kegiatan pameran diawali dengan senam bersama ibu-ibu PKK pada pukul 15.00 sore. Setelahnya kegiatan dilanjutkan dengan penyiapan venue pameran selama kurang lebih dua jam. 

Tepat pukul 18.30 kegiatan pameran dibuka secara resmi oleh Bapak Rubik selaku Kepala Desa Samar. Dalam kegiatan pameran tersebut tidak hanya menunjukan potensi-potensi yang ada di Desa Samar melainkan turut memberi sharing pengalaman bagaimana cara memasarkan produk oalahan yang dihasilkan masyarakat. Pameran ini juga menjadi momentum peluncuran majalah desa yang diberi nama sama seperti nama pameran ini yaitu "Gelanggang Olah Karsa". Antusias peserta pameran sangat tinggi dilihat ketika pameran banyak yang bertanya dan mencoba produk-produk unggulan desa yang disuguhkan.

Sumber: Penulis

Setelah kegiatan pameran selesai, sebagai penutup acara terdapat hiburan berupa penampilan electone dari pemuda setempat. Penampilan tersebut berlangsung meriah diramaikan oleh anak-anak muda sekitar beserta mahasiswa sekitar Desa Samar yang melaksanakan KKN. "Kegiatan seperti ini menjadi wadah untuk mempererat tali persaudaraan, selain itu upaya kecil untuk memaksimalkan potensi desa akan menjadi sebuah langkah besar dalam memajukan desa," ujar Arta Yasa selaku koordinator desa MMD 516 Desa Samar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline